MTQ Ciptakan Generasai Qur’ani

MTQ Ciptakan Generasai Qur’ani

\"siti-nurhaliza-mengaji\"KOTA BINTUHAN, BE- Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) II di Kaur  merupakan kegiatan keagamaan yang digelar tiap tahun. Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu ajang menciptakan generasi muda  Qurani. Karena MTQ yang diharapkan bukan dilihat siapa yang menang dan juara, tetapi makna syiarnya dan pendomanya itu yang harus diterapkan pada genarasi yang akan datang.

\"Kita harus bisa menciptakan genarasi muda yang Qurani, karena semua tuntutanan ada pada Al-Qur\'an jika semua berpegang teguh maka semua akan selamat, itulah yang kita ciptakan dan terapkan pada genarasi muda dalam MTQ saat ini,\" ujar Kabag Kesra KH Ahmad Yunizar SPd, kemarin.

Dikatakanya, dengan MTQ  bisa tercipta masyarakat dan generasi muda yang berjiwa Qurani. Sehingga membentuk masyarakat yang madani, yang tidak hanya memiliki minat baca Al Quran, tetapi juga mampu mendalami dan mengamalkan Al Quran, dalam kehidupan pribadi dan sosial kemasyarakatan.

\"Kaur baru kedua kalinya ini melaksanakan kegiatan MTQ, dengan 226 peserta dari 15 kecamatan nantinya akan mengikuti 10 macam perlombaan, hal inilah bisa memberikan warna syiar tersendiri,\" Harapnya.

Sementara itu, Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik Msc mengatakan MTQ merupakan salah satu upaya dalam membumikan nilai-nilai keagungan Kitab Suci Al Quran, dalam gerak langkah kehidupan pribadi setiap muslim, sehingga tercermin dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat. \"Makanya melalui kegiatan MTQ ini juga, kita tidak hanya dapat memasyarakatkan nilai-nilai Qurani, namun lebih jauh, mampu merubah cara pandang kita terhadap kitab suci ini, tidak lagi hanya sebagai naskah suci, tanpa berdampak dalam kehidupan sehari-hari,\" jelas bupati.

Bupati menambahkan, MTQ juga memasyarakatkan dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kitab suci ini, karena nilai-nilai Qurani memang merupakan rahmatan lil’alamin, yang mengayomi seluruh masyarakat tanpa membeda-bedakannya,\" Oleh karena itu dengan mendalami nilai-nilai itu maka kita tidak akan bercerai berai, maka kita sudah berpegang teguh pada ayat-ayat Alqur\'an, mudah-mudahan dengan MTQ kita bisa menambah pelajaran,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: