Begini Ciri-ciri Kemunculan Dajjal dari Perilaku Manusia

Begini Ciri-ciri Kemunculan Dajjal dari Perilaku Manusia

kemunculan dajjal dan pertanda hari kiamat akan segera terjadi memang bisa dilihat dari sikap dan perilaku setiap umat muslim. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dajjal adalah seorang tokoh dalam eskatologi Islam dan ortodoks Kristen Eskatoligi yang akan muncul menjelang kiamat. Dajal dikatakan kafir dan jahat, pembawa fitnah terbesar dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu.

Ternyata banyak sekali dari perilaku manusia saat ini, yang bisa diurutkan akan mempercepat turunnya Dajjal ke muka bumi. Umat ​​Islam percaya bahwa jika Dajjal sudah turun, maka hari berhenti sudah tidak lama lagi akan terjadi.

BACA JUGA:Apakah Yakult Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Menurut KH Ahmad Bahauddin Nursalim, lebih dikenal dengan Gus Baha, kemunculan dajjal dan pertanda hari kiamat akan segera terjadi memang bisa dilihat dari sikap dan perilaku setiap umat muslim.

Kyai asal Rembang ini menjelaskan, saat ini banyak perilaku umat muslim sudah sangat kentara yang bisa mempercepat datangnya dajjal. “Salah satunya adalah membangun masjid yang bisa menjadi tanda-tanda datangnya hari kiamat dan dajjal,” ungkap Gus Baha dalam salah satu ceramahnya yang diunggah di kanal youtube, bebebrapa waktu lalu.

BACA JUGA:Minum Susu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Gus Baha menyampaikan tentang salah satu sabda Nabi Muhammad dan sabda tersebut berhubungan dengan tanda-tanda datangnya hari kiamat. Saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membagun masjid namun dengan niat yang tidak seharusnya.

“Meskipun membangun masjid merupakan perbuatan baik, namun banyak orang yang salah dalam niat untuk membangun masjid itu sendiri. Saat ini membangun masjid hanya jadi ajang untuk bermegah-megahan saja,” ujarnya.

BACA JUGA:Pinjol Legal Jangan Tak Dibayar! Ini Ancamannya

Apalagi, lanjut Gus Baha, kemegahan masjid yang dibangun saat ini tidak diimbangi dengan adanya jamaah yang memakmurkan masjid. “Kondisi ini sesuai seperti sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam,” tegasnya.

Selain yang dijelaskan Gus Baha, masih banyak perilaku-perilaku manusia yang bisa mempercepat datangnya dajjal yang sudah terlihat saat ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perilaku-perilaku manusia tersebut, diantaranya:

1. Perilaku seks menyimpang
Orang-orang yang berperilaku seperti itu disebut telah menyimpang dari norma agama yang berlaku. Perkara ini sudah ditentang keras dalam ajaran agama Islam, bahkan diriwayatkan dari Abdillah bin Muhammad bin Aqil dan mendengar Jabir radhiyallahu'anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَى أُمَّتِى عَمَلُ قَوْمِ لُوطٍ

Artinya: “Sebenarnya hal yang paling aku takuti pada umatku adalah munculnya perilaku kaum Luth.” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Benarkah Pepaya Muda Berbahaya untuk Ibu Hamil?

2. Senang bermaksiat
Kemaksiatan adalah perbuatan tercela, dan perbuatan ini merupakan salah satu ciri dari kelompok pengikut-pengikut dajjal. Mereka ini adalah orang-orang yang suka bermaksiat, tidak mau berpuasa, mengabaikan panggilan azan, meninggalkan sholat, dan pemakan harta riba.

3. Orang yang imannya lemah
Perilaku ini banyak ditujukan kepada kaum wanita. Disebutkan dalam sebuh hadis, para wanita akhir zaman disebut sebagai wanita yang memiliki keimanan paling lemah di bumi. Bahkan diceritakan pula, orang-orang akhir zaman mengikat wanita di keluarganya pada tiang agar tidak mudah menjadi pengikut Dajjal.

Dinukil dari hadis Ibnu 'Umar, Rasulullah SAW bersabda:

يَنْزِلُ الدَّجَّالُ فِى هَذِهِ السَّبَخَةِ بِمَرِّ قَنَاةَ فَيَكُونُ أ َكْثَرَ مَنْ يَخْرُجُ إِلَيْهِ النِّسَاءُ حَتَّى إِنَّ الرَّجُلَ لِيَرْجِ Layanan Pelanggan dan Layanan رِبَاطاً مَخَافَةَ أَنْ تَخْرُجَ إِلَيْهِ

Artinya: “Dajjal akan turun ke Mirqonah (nama sebuah lembah) dan sebagian besar pengikutnya adalah kaum wanita, sampai-sampai ada seorang yang pergi ke istrinya, ibunya, putrinya, dan saudaranya, dan bibinya kemudian mengikatnya karena khawatir keluar menuju Dajjal,” (HR. Ahmad).

BACA JUGA:Kerja Online untuk Mahasiswa, Daftar ke Situs Ini Bisa Gajian 100 Ribu Tiap Hari

4. Kelompok khawarij
Kaum Khawarij ini diumumkan sebagai kelompok yang mudah mengkafirkan orang lain karena tidak segolongan dengan mereka. Dikutip dari buku Membongkar Ciri Kaum Munafik: Tafsir Surah al-Jumu'ah dan al-Munafiqun karya Sayid Ali Khamene'i, Syekh Nashir Makarim Syirazi, Syekh Ja'far Subhani, kaum khawarij memang memiliki penilaian sendiri pada Al Quran.

BACA JUGA:Kabeh Wis Diatur Gusti, Inilah Ciri-Ciri Rumah yang Menjadi Magnet Keberuntungan dan Rezeki

Perilaku Kaum Khawarij ini juga disebut kemunculannya pada akhir zaman dalam riwayat hadis berikut, "Akan keluar di akhir zaman, sekelompok kaum yang pengalamannya kurang (pemahaman agamanya sedikit), akalnya bodoh. Mereka mendengung-dengungkan ucapan terbaik yang ada di muka bumi ini. membaca Al-Quran, namun tidak melewati tenggorokannya. Mereka melesat dari agama, sebagaimana anak panah melesat dari hewan sasaran. Jika kalian melompati mereka, bunuhlah mereka. Karena membunuh mereka ada pahalanya di sisi Allah, bagi yang berhasil membunuh mereka." (HR Bukhari).(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: