Nomor Kamu Diteror Pinjol Gara-gara Hutang Teman, Lakukan Ini Agar Kamu Tenang

Nomor Kamu Diteror Pinjol Gara-gara Hutang Teman, Lakukan Ini Agar Kamu Tenang

Tips mengatasi hutang pinjol-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Teror penagihan utang (debt collector) oleh pinjaman online (pinjol) lewat saluran telepon kerap dikeluhkan sejumlah pihak. 

Bahkan terkadang teror ini menyerang orang-orang yang tidak pernah menggunakan jasa pinjol, melainkan hanya kenalan dari si pengutang tersebut.

Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Halimatus Sa'diyah mengatakan, jangan segan-segan untuk blokir kontak tersebut apabila sudah meresahkan. 

Ia juga mengimbau agar si peminjam yang mengutang agar segera melunasi utangnya.

"Kita sebagai teman abaikan saja, block saja. Itu kan mengganggu, namun memang seharusnya teman kita itu punya komitmen membayarkan utangnya," ujarnya, Senin (20/11/2023).

BACA JUGA:Mau Pinjaman Online Cepat di Acc? Lakukan Langkah Ini

Halimatus mengatakan, masyarakat, baik si peminjam maupun kenalannya yang juga terkena teror bisa melaporkan kejadian itu ke pihak Kepolisian apabila penagihan dilakukan tanpa etika. 

Namun tetap, utang tersebut merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh si peminjam.

"Kita sebagai peminjam, kita bisa blok juga yang neror. Tapi kita tetap harus bayar untuk menyelesaikan. Kita bisa lapor polisi, atau ke Satgas PASTI," jelasnya.

Adapun Satgas PASTI sendiri sebelumnya merupakan Satgas Waspada Investasi, bertugas untuk mencegah dan menangani kegiatan usaha tanpa izin di sektor keuangan. 

Satgas ini berisi 14 pihak dari otoritas, kementerian, dan lembaga terkait.

BACA JUGA:Waspada! Amankan Kontak WA Anda dari Pinjaman Online, Begini Caranya

Setelah mengetahui adanya utang pinjol yang tak mampu dilunasi, menurutnya yang perlu dilakukan masyarakat ialah mengecek kepemilikan aset yang dimiliki. 

Masyarakat juga bisa meminta bantuan kepada orang tua untuk membantu melunasinya. Ia menekankan, yang terpenting ialah lunasi dulu pokok utangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: