Bisa Stroke! Ketahui Ciri Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Bisa Stroke! Ketahui Ciri Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Gaya hidup tidak sehat merupakan penyebab paling umum kolesterol tinggi baik pada wanita dan pria,--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang umum dialami oleh wanita. Ciri Kolesterol tinggi pada wanita adalah nyeri dada hingga gangguan penglihatan pada salah satu mata. Kolesterol dalam darah terdiri dari  high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDH).

HDL sendiri merupakan jenis Kolesterol baik. HDL membawa Kolesterol dari bagian tubuh lain untuk kembali ke hati. Kemudian, nantinya hati akan membuang Kolesterol dari tubuh. Sedangkan LDL adalah Kolesterol jahat dimana jika kadar Kolesterol ini terlalu tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri.

BACA JUGA:Nggak Perlu Hapus Akun, Berikut ini Cara Nonaktifkan Fitur SPaylater di Aplikasi Shopee

Plak ini juga dapat bergabung dengan zat lain yang mengakibatkan penyempitan serta pengerasan pembuluh darah, ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Secara umum, wanita memiliki kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik yang lebih tinggi dibandingkan pria. Ini disebabkan karena hormons estrogen pada wanita yang tampaknya memiliki peran dalam peningkatan HDL. Namun, kondisi ini dapat berubah saat menopause.

Banyak wanita mengalami perubahan kadar kolesterol total dan LDL secara drastis menjadi lebih tinggi. Namun, di satu sisi kadar HDL mengalami penurunan. Kolesterol akan cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia wanita.  Selain itu, wanita juga lebih berisiko mengalami trigliserida(lemak dalam darah). Ini menyebabkan wanita memiliki risiko yang lebih besar terkena stroke dan jantung.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Ungkap 6 Keutamaan Sholat Tahajud, Salah Satunya Karirnya Akan Diangkat

Ada beberapa penyebab kolesterol tinggi, yakni:

1. Gaya hidup yang tidak sehat
Gaya hidup tidak sehat merupakan penyebab paling umum kolesterol tinggi baik pada wanita dan pria, seperti:

Jarang melakukan aktivitas fisik atau jarang berolahraga
Merokok
Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan juga lemak jenuh, seperti susu full cream, gorengan, jeroan, dan  kulit ayam.
Mengalami stres

BACA JUGA:Mau Saldo OVO Gratis Rp100.000 Langsung Cair, Begini Caranya!!

2. Penyakit
Kondisi medis tertentu memiliki risiko peningkatan kolesterol yang lebih tinggi, beberapa penyakit ini adalah:
Diabetes
Obesitas atau kelebihan berat badan
Gagal ginjal kronis
Hipotiroidisme
HIV/AIDS

3. Keturunan
Kolesterol tinggi juga dapat disebabkan akibat mutasi atau perubahan sejumlah gen yang diturunkan dari orang tua. Mutasi ini dapat membuat tubuh tidak dapat membuang kolesterol yang ada di dalam darah. Selain beberapa penyebab di atas, orang dengan usia 40 tahun lebih juga memiliki risiko kolesterol yang lebih tinggi. pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, organ hati mengalami penurunan kemampuan untuk membuang kolesterol jahat (LDL)

BACA JUGA:Laser Wajah Untuk Kecantikan, Berikut Jenis Dan Manfaatnya

Kolesterol kerap kali tidak menimbulkan gejala sehingga banyak wanita tidak menyadarinya. Gejala atau ciri kolesterol tinggi pada wanita hanya muncul setelah kolesterol menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Berikut beberapa ciri kolesterol tinggi pada wanita:

Nyeri dada (angina)
Gangguan penglihatan pada salah satu mata
Rasa sakit saat berjalan.
Kelemahan atau kebas pada tangan dan kaki
Banyak wanita baru menyadari mengalami kolesterol tinggi saat kondisi ini berpengaruh pada kesehatan, misalnya menimbulkan stroke atau serangan jantung. Namun, beberapa wanita mengetahui kondisi ini setelah melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin.

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Bekas, Dibanderol Mulai Rp 218 Jutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: