Biar Tahu! Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Biar Tahu! Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Kandungan dalam kulit jeruk seperti decanal, citral, limonene dan bahan aktif lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mata.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ternyata ada juga manfaat kulit Jeruk untuk kesehatan yang jarang diketahui. Tetapi, berbeda dengan daging Jeruk yang manis dan segar, kulit Jeruk memiliki rasa yang agak pahit.

Meski demikian, ada beragam manfaat kulit jeruk untuk kesehatan. Salah satu manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah dapat mencegah penuaan dini pada wajah serta mencegah sembelit. Selain itu, apa saja manfaat kulit jeruk untuk kesehatan?

BACA JUGA:Jangan Buang Kulit Pisang, Manfaatnya Sangat Bagus untuk Gigi dan Wajah!

Kandungan nutrisi kulit jeruk :

21 miligram (mg) fosfor
10,6 g fiber
161 mg kalsium
25 g karbohidrat
0,2 g lemak
22 mg magnesium
1,5 g protein
212 mg potassium
3 mg sodium
21 µg vitamin a
136 mg vitamin c
0,12 mg vitamin b1
0, 09 mg vitamin b2
0,9 mg vitamin b3
0,176 mg vitamin b6
0,8 mg zat besi
0,25 mg zinc

Dengan ragam nutrisi yang terkandung dalam kulit jeruk, tidak heran jika kulit jeruk mempunyai tinggi manfaat untuk kesehatan dan tentunya dapat dimakan baik itu secara langsung atau dengan olahan kulit jeruk tertentu.

BACA JUGA:Agar Sukses Dunia dan Akhirat, Buya Yaha: Lakukan Ini Kepada Orang Tua

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah pembuktian bahwa kamu tidak perlu membuang sisa-sisa kulit jeruk karena pada dasarnya, kulit jeruk dapat bermanfaat sebagai pengobatan alami dan aman beberapa kondisi berikut ini:

1. Membantu mencegah kanker
Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang menakutkan dan penyakit ini bisa disebabkan karena paparan radikal bebas. Kulit jeruk yang mengandung berbagai nutrisi mampu mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa atau yang dapat dikenal sebagai jenis kanker kulit berat. Kandungan dalam kulit jeruk efektif mencegah aktivitas kanker dan penyebarannya.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Kulit jeruk mengandung senyawa alami bernama bioflavonoid. Biasanya kandungan ini terdapat dalam buah sitrus. Senyawa ini dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi dan kolesterol.Bahan aktif dalam kulit jeruk bahkan bisa meningkatkan kesehatan jantung yang disebabkan karena kolesterol dan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA: Sugih Bondo Tanpo Rekoso, 5 Weton Ini Dibukakan Pintu Rezeki di Bulan November 2023

3. Perawatan diabetes
Kulit jeruk mempunyai zat tinggi serat dengan nama pektin. Jenis kandungan ini dapat membantu mengatur gula darah sehingga baik untuk mencegah nefropati diabetic yang merupakan suatu penyakit ginjal karena diabetes.Kulit jeruk bisa menjadi pengobatan alami untuk penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula yang tinggi.

4. Menurunkan berat badan
Manfaat kulit jeruk selanjutnya juga bisa untuk menurunkan berat badan, lho. Perpaduan kalori rendah dan kaya serat bisa kamu temukan pada kulit jeruk yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.Kulit jeruk juga bisa membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat.

5. Mencegah alergi
Reaksi alergi biasanya dipicu oleh bahan kimia histamin. Histamin dapat dilepas dengan memanfaatkan kulit jeruk sehingga bahan ini dapat digunakan sebagai anti alergi alami.

BACA JUGA:Weton Ini Bakal Sukses Geden dan Banjir Rezeki Melimpah di Tahun 2024

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Gangguan pencernaan dapat menerang siapa saja dan kulit jeruk diketahui dapat mengatasi gangguan ini sejak zaman dulu. Kulit jeruk mempunyai sifat anti inflamasi yang fungsinya adalah mencegah diare dan mulas.Serat dalam kulit jeruk juga menjadi alasan mengapa bahan ini aman untuk pencernaan kamu.

7. Menjaga kesehatan mata
Kandungan dalam kulit jeruk seperti decanal, citral, limonene dan bahan aktif lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sifatnya mempunyai anti inflamasi sehingga sangat mudah meningkatkan kinerja mata dan menangkal infeksi pada mata.

8. Kesehatan mulut dan gigi
Kesehatan gigi dan mulut semakin meningkatkan degan senyawa limonene dan vitamin c dalam kulit jeruk. Kulit jeruk juga diketahui dapat membantu memutihkan gigi dan membuat nafas tetap segar.

BACA JUGA:Ngrejekeni Akhir Tahun 2023! Weton Banyu Mili Katuranggan Rojo Dunyo Akeh Bolo

9. Melawan peradangan
Sebagai anti inflamasi alami, kulit jeruk banyak dimanfaatkan untuk melawan radang. Fungsinya sama dengan indometasin yang digunakan sebagai anti inflamasi alami.Sifat ini sangat baik untuk mencegah radang dan melawan berbagai penyakit karena virus dan bakteri.

10. Memelihara kesehatan kulit
Siapa yang tidak suka dengan kulit yang sehat dan cerah alami? Kandungan berbagai vitamin dalam jeruk dapat mencerahkan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti sel kulit mati, pori-pori besar, komedo, noda hitam, dan jerawat.

11. Scrub wajah dan badan
Bekas jerawat dan kulit gelap bisa dicerahkan dengan kulit jeruk. Kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai scrub alami wajah dan badan dengan cara mengoleskan dengan lembut kulit jeruk yang dicampur dengan minyak zaitun, dan madu. Pijat dengan lembut dan bersihkan area scrub dengan air bersih.

BACA JUGA:Syekh Ali Jaber Bagikan 4 Amalan Agar Diikuti Rezeki, Salah Satunya Sholat Tahajud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: