Perlu Tahu, Berikut 7 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Perlu Tahu, Berikut 7 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Tips membersihkan wajah dengan benar-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Double cleansing sendiri merupakan metode perawatan kulit wajah yang dilakukan dengan membersihkan wajah melalui dua tahap, yaitu menggunakan make up remover atau pembersih wajah berbahan dasar minyak (oil-based) dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash atau facial foam.

BACA JUGA:Apakah Sport Bra Aman untuk Dipakai Sehari-hari?

Cara ini diketahui dapat membantu mengangkat kotoran dan sisa-sisa kulit mati pada permukaan kulit dan pori-pori secara optimal. Adapun beberapa jenis produk make up remover yang dapat digunakan dalam metode double cleansing adalah milk cleanser, micellar water, atau cleansing balm. 

Selain itu, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan make up remover untuk mencegah berpindahnya kuman atau bakteri dari tangan ke wajah.

2. Membasuh Wajah dengan Air Hangat

Setelah menggunakan make up remover, tahapan membersihkan wajah selanjutnya adalah membasuh wajah menggunakan air hangat. Cara ini diketahui dapat membuat pori-pori kulit terbuka sehingga turut memudahkan proses pengeluaran kotoran, sebum berlebih, dan sel-sel kulit mati saat membersihkan wajah.

3. Menggunakan Pembersih Wajah Yang Tepat

Cara membersihkan wajah berikutnya adalah menggunakan produk pembersih wajah yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit wajah. Misalnya, bila memiliki kulit wajah sensitif dan kering, dianjurkan untuk memilih produk pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol dan pewangi. Di sisi lain, jika memiliki tipe kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah produk yang mengandung asam salisilat.

BACA JUGA: Ini Dia Deretan Gejala Menopause pada Pria

Selain itu, hindari menggunakan sabun yang tidak dikhususkan untuk membersihkan wajah, seperti body wash, karena dapat mengganggu keseimbangan pH pada kulit wajah yang cenderung lebih sensitif.

4. Membersihkan Wajah dengan Lembut

Mengusap dan membersihkan wajah dengan lembut merupakan salah satu cara membersihkan wajah yang penting untuk diperhatikan. Sebab, membersihkan wajah dengan cara menggosoknya terlalu kasar justru bisa merusak lapisan luar kulit, mengganggu produksi sebum alami, hingga memicu iritasi.

Penting pula untuk tidak mencuci wajah terlalu lama agar tidak menyebabkan kulit terlalu kering. Anda disarankan untuk mencuci muka selama 30 detik, lalu bilaslah hingga bersih menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

5. Mengeringkan Wajah dengan Tisu atau Handuk Bersih

Salah satu cara membersihkan wajah yang perlu dilakukan adalah mengeringkan wajah menggunakan tisu atau handuk bersih. Pasalnya, bila air dibiarkan mengering pada permukaan kulit, hal tersebut justru berisiko membuat kulit menjadi lebih kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: