Ini Dia Makanan Pengurang Kolesterol, untuk Jaga Kesehatanmu!

Ini Dia Makanan Pengurang Kolesterol, untuk Jaga Kesehatanmu!

Makananan yang terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans bisa menyebabkan kadar kolesterol yang tidak sehat. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di dalam darah kamu, sebenarnya terdapat kolesterol. Tubuh kamu butuh kolesterol untuk membentuk sel-sel yang sehat. Tapi, jika kadarnya tinggi, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Bila kolesterol kamu tinggi, akan tercipta timbunan lemak di pembuluh darah. Sehingga, darah akan sulit untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, hal ini juga bisa membuat gumpalan penyebab stroke atau serangan jantung.

Kolesterol yang tinggi sebenarnya bisa diturunkan dengan olahraga dan obat-obatan. Ada pula daftar makanan pengurang kolesterol yang bisa dikonsumsi. Penasaran apa saja makanannya? Simak sampai selesai, ya!

BACA JUGA:Bayar Tagihan Shopee Paylater Setengah Dulu, Bisa Kok Begini Caranya

Kolesterol tinggi biasanya tidak disertai dengan gejala apa pun. Namun, ada juga beberapa gejala yang dirasakan jika kadar Kolesterol tinggi. Misalnya, mudah lelah, sering mengantuk, nyeri kaki, tengkuk pegal, dan nyeri dada.

Satu-satunya cara yang konkret untuk mengetahui apakah kamu memiliki kadar Kolesterol LDL yang tinggi adalah melalui tes darah. Membiarkan Kolesterol tinggi begitu saja tanpa adanya pengobatan bisa menyebabkan penumpukan plak dari waktu ke waktu, merusak jantung, dan meningkatkan serangan jantung atau stroke. Untuk itu, perlu mengonsumsi beberapa makanan pengurang Kolesterol yang baik untuk kesehatan.

BACA JUGA:Baca 5 Doa ini Setelah Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Rezeki dari Langit Mengalir Deras

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis berikut ini:
Penyakit ginjal kronis
Diabetes
HIV/AIDS
Hipotiroidisme
Lupus

BACA JUGA:Bibir Bayi Hitam Sejak Lahir? Begini Cara Mengatasinya

Kadar kolesterol juga dapat diperburuk oleh penggunaan beberapa jenis obat yang dikonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti:
Jerawat
Kanker
Tekanan darah tinggi
HIV/AIDS
Irama jantung yang tidak teratur
Transplantasi organ

BACA JUGA:Begini Tips Jitu Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Hingga Puputan

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kadar kolesterol menjadi tinggi mencakup:

1. Pola makan yang tidak sehat
Makan terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans bisa menyebabkan kadar kolesterol yang tidak sehat. Lemak jenuh biasanya ditemukan pada daging berlemak dan produk susu penuh lemak.Lemak trans sering ditemukan dalam makanan ringan atau makanan penutup. Perlu konsumsi beberapa makanan pengurang kolesterol supaya lemak jenuh tidak menumpuk.

2. Obesitas
Mengalami obesitas atau memiliki indeks massa tubuh sebesar 30 atau lebih bisa meningkatkan risiko untuk mengalami kolesterol tinggi.

3. Kurang olahraga
Olahraga membantu meningkatkan kolesterol yang baik. Jadi, kurang olahraga merupakan kebiasaan buruk yang perlu segera kamu ubah.

BACA JUGA:Cara Mudah Menangkal Gangguan Jin dan Sihir, Ustadz Muhammad Faizar: Sentuh Bagian Tubuh ini

4. Merokok
Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Sehingga, tubuh akan menyimpan lebih banyak LDL atau kolesterol buruk. Hal ini berkaitan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Minum alkohol
Kebiasan minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Usia
Sebenarnya anak-anak yang masih kecil sekalipun bisa memiliki kolesterol tidak sehat, namun hal ini lebih sering terjadi pada orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Seiring bertambahnya usia, kemampuan hati dalam menghilangkan kolesterol LDL akan berkurang.

BACA JUGA:Baca ini 3 Kali Setelah Tahajud, Gus Baha: Rezeki Bakal Lancar dan Jadi Kekasih Allah

Beberapa makanan yang bisa mengurangi kolesterol, antara lain:

1. Oat
Makan semangkuk oatmeal atau sereal yang terbuat dari oat bisa menurunkan kolesterol. Kamu bisa menambahkan pisang atau stroberi agar rasanya lebih enak.

2. Barli atau biji-bijian utuh lainnya
Seperti gandum, barli dan biji-bijian lainnya bisa menurunkan risiko penyakit jantung melalui serat larutnya. Hal itu karena sayuran ini memiliki serat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

3. Buncis
Buncis banyak mengandung serat larut. Buncis perlu waktu untuk dicerna tubuh, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah memakannya. Itulah mengapa buncis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA:InsyaAllah Rezeki Langsung Lancar, Syekh Ali Jaber Sarankan Baca Dzikir ini Setelah Sholat Tahajud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: