Anti Bau! Begini Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Anti Bau! Begini Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Untuk menghilangkan bau badan, kamu bisa menggunakan sabun antibakteri saat mandi.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bau badan merupakan salah satu masalah yang sering membuat seseorang kurang percaya diri. Namun, ada beberapa cara menghilangkan Bau badan untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari perubahan pola hidup hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa bau badan berasal dari keringat yang dikeluarkan tubuh. Pasalnya, bau ini kerap muncul setelah seseorang melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan keringat.Ikuti tips mengatasi bau badan berikut ini!

BACA JUGA: Begini Cara Meningkatkan Kesuburan Rahim Wanita Secara Alami

1. Mandi teratur
Mandi teratur 1-2 kali setiap hari adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan. Saat mandi, pastikan area yang berkeringat dicuci hingga bersih.

2. Pakai sabun antibakteri
Untuk menghilangkan bau badan, kamu bisa menggunakan sabun antibakteri saat mandi. Sabun ini dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan, sehingga bau badan pun akan berkurang. Namun, sabun ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit sensitif. Jadi, lakukan tes sederhana dulu di sedikit area kulitmu sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan sabun antibakteri ke seluruh tubuhmu.

BACA JUGA:Memahami Penyebab Diare, Gejala dan Cara Mengatasinya

3. Keringkan badan dengan benar
Setelah mandi, selalu ingat untuk mengeringkan tubuh, terutama bagian tubuh yang banyak berkeringat seperti ketiak. Caranya usap lembut bagian tubuh dengan handuk hingga kering, sehingga bakteri penyebab bau badan sulit berkembang biak.

4. Kenakan pakaian yang bersih
Cara menghilangkan bau badan secara alami selanjutnya mengenakan pakaian yang bersih. Pastikan kamu memakai pakaian yang bersih. Untuk mengurangi keringat berlebih, kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat, khususnya bahan katun. Pakaian yang terbuat dari bahan tersebut tidak memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga kamu tidak gampang berkeringat.

BACA JUGA:Mimpi Buruk Tak Jadi Kenyataan, Buya Yahya Sarankan Baca ini Saat Bangun Tidur

5. Perhatikan asupan makanan
Beberapa jenis makanan dapat membuatmu lebih berkeringat dan memicu munculnya bau badan. Makan tersebut termasuk makanan yang pedas dan berlemak, serta makanan yang mengandung komponen aroma yang kuat seperti bawang. Membatasi asupan jenis makanan tersebut dapat mengurangi bau badan.

6. Lakukan teknik relaksasi
Rutinitas relaksasi seperti yoga dan meditasi dapat membantu mengendalikan stres yang merangsang keringat berlebih dan menyebabkan bau badan.

7. Gunakan deodoran
Bau badan umumnya dikaitkan dengan bau ketiak. Ini karena ketiak adalah bagian yang berkeringat. Produk yang mengandung deodoran, antiperspirant, atau kombinasi keduanya dapat digunakan untuk memerangi bau ketiak. Selain itu, kamu juga disarankan mencukur bulu ketiak secara teratur. Dengan rutin melakukan keduanya, kamu dapat terhindar dari bau ketiak.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Atasi Depresi!

Cara menghilangkan bau badan secara alami
Selain menerapkan tips di atas, kamu juga bisa mencoba menghilangkan bau badan dengan bahan-bahan alami berikut ini:

Baking soda
Taburkan baking soda pada ketiak dan bilas dengan air setelah 10 menit. Baking soda dapat menetralkan asam dan basa serta mengurangi bau badan. Selain itu, bahan alami ini tidak meninggalkan noda pada pakaian.

Cuka apel
Cuka apel dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau badan. Campurkan Cuka apel dan air, lalu oleskan ke area tubuh yang rentan terhadap bau badan. Meskipun efektif melawan bau badan, perlu diketahui bahwa Cuka apel bersifat asam dan dapat mengiritasi kulit. Jadi, hati-hati ya, jangan sampai memakainya secara berlebihan.

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Rekomendasi Heels Wanita untuk Wisuda

Tea tree oil
Tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan pada kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak ini ke ketiakmu sebagai deodoran alami.

Daun sirih
Karena sifat antibakterinya, Daun sirih dapat berperan sebagai deodoran alami. Untuk mendapatkan manfaat Daun sirih, kamu bisa mengkonsumsi Daun sirih rebusan Daun sirih atau membasuh kulit dengan air Daun sirih saat mandi.

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami dan Aman

Nah, kamu bisa mencoba berbagai perawatan cara menghilangkan bau badan secara alami yang sudah dijelaskan di atas untuk mengatasi keluhan bau badan. Namun, jika bau badan tetap ada, periksalah ke dokter untuk penanganan yang tepat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: