Polusi Udara, Begini Cara Mencegah Batuk Pilek Pada Bayi

Polusi Udara, Begini Cara Mencegah Batuk Pilek Pada Bayi

Ilustrasi bayi sedang pilek-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batuk pilek dan sesak napas merupakan salah satu bahaya polusi udara pada bayi yang perlu diwaspadai. 

Pasalnya, bayi lebih rentan terserang kondisi tersebut karena daya tahan tubuhnya yang masih belum berkembang secara sempurna.

Akibat daya tahan tubuh yang masih lemah, tubuh bayi belum bisa melawan infeksi dengan baik. Jadi, tak heran bahwa bayi yang berusia di bawah 1 tahun lebih mudah terserang batuk pilek, bahkan bisa mencapai tujuh kali dalam satu tahun.

Namun, selain disebabkan oleh polusi udara, batuk pilek pada bayi juga bisa terjadi karena infeksi virus, bakteri, atau kuman lainnya yang dapat ditularkan melalui udara, kontak langsung, atau benda yang terkontaminasi. Di mana, salah satu penyebab infeksi yang paling sering menyebabkan batuk pilek adalah rhinovirus.

BACA JUGA:Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Adapun gejala umum yang dapat dialami si kecil saat batuk pilek adalah hidung tersumbat dan batuk-batuk. Dalam kondisi yang serius, batuk pilek juga bisa menyebabkan sesak napas karena bayi kesulitan bernapas dengan baik akibat hidung tersumbat.

Guna mencegah kondisi tersebut, ada beberapa upaya yang perlu dilakukan orang tua untuk melindungi bayi dari dampak polusi udara terhadap sistem pernapasan, berikut diantaranya :

1. Rutin Mencuci Tangan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai langkah pencegahan batuk pilek pada bayi adalah rutin mencuci tangan, terutama saat akan menyentuh bayi. Kebiasaan ini perlu diterapkan tidak hanya oleh orang tua bayi, tetapi juga setiap orang yang hendak menyentuh bayi.

Agar tangan bisa bersih secara optimal, cucilah tangan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir. Jangan lupa untuk menerapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar, yaitu dengan menggosok-gosokan kedua tangan selama kurang lebih 20–30 detik. Lalu, keringkan dengan kain atau handuk bersih.

BACA JUGA:Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

2. Tidak Mencium Bayi Saat Sakit

Bayi usia di bawah 1 tahun memang menggemaskan, sehingga membuat setiap orang ingin menyentuh bahkan menciumnya. Namun, apabila Anda sedang mengalami flu, batuk, atau merasa tidak enak badan, sebaiknya hindari mencium atau melakukan kontak langsung dengan bayi.

Pasalnya, kuman penyebab penyakit sangat mungkin masuk ke dalam tubuh bayi melalui ciuman atau kontak langsung. Seperti yang telah diketahui, daya tahan tubuh bayi lebih rentan terhadap penularan kuman. Karena itu, hindari mencium bayi ketika sakit dan jangan segan untuk melarang orang yang sedang sakit berdekatan dengan si kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: