Vertigo Mendadak, Berikut Cara Mengatasinya Secara Mandiri

Vertigo Mendadak, Berikut Cara Mengatasinya Secara Mandiri

Vertigo Mendadak, Berikut Cara Mengatasinya Secara Mandiri-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Vertigo adalah kondisi medis yang dapat membuat penderitanya mengalami pusing dan merasa lingkungan di sekitarnya seperti berputar. 

Untuk menangani kondisi tersebut, terdapat beberapa cara mengatasi vertigo mendadak yang bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah dengan melakukan Epley maneuver.

Berbagai Cara Mengatasi Vertigo Mendadak yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Vertigo adalah gangguan keseimbangan tubuh yang ditandai dengan sensasi pusing dan perasaan seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar. 

BACA JUGA:Agar Tetap Nyaman, Begini Posisi Tidur Bagi Penderita Vertigo

Kondisi ini sering kali terjadi secara mendadak sehingga membuat penderitanya merasa cemas dan panik, serta mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Untuk mengatasi kondisi ini, terdapat sejumlah penanganan vertigo secara mandiri yang bisa dilakukan, di antaranya adalah :

1. Istirahat Sejenak

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menangani vertigo kambuh adalah berusaha untuk tetap tenang serta menghentikan segala aktivitas yang sedang dilakukan untuk istirahat sejenak. 

Jika memungkinkan, cobalah untuk membaringkan tubuh dengan posisi miring dan memejamkan mata. Cara ini bertujuan untuk membantu meredakan gejala vertigo serta menghindari risiko cedera akibat terjatuh saat serangan terjadi.

2. Melakukan Epley Maneuver

Epley maneuver atau canalith repositioning procedure adalah salah satu upaya pertolongan pertama untuk menangani serangan vertigo mendadak. Epley maneuver ini diketahui dapat membantu mengembalikan keseimbangan pada telinga bagian dalam.

BACA JUGA:Menderita Vertigo? Hindari Makan Makanan Berikut Ini

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan Epley maneuver adalah sebagai berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: