Berikut Cara Agar Cepat Tidur untuk Mencegah Insomnia

Berikut Cara Agar Cepat Tidur untuk Mencegah Insomnia

Berikut Cara Agar Cepat Tidur, Untuk Mencegah Insomnia-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat mengalami kondisi merasa ngantuk tapi susah tidur, kondisi ini bisa menjadi salah satu gangguan tidur yang dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. 

Maka dari itu, perlu diketahui cara agar cepat tidur yang tepat supaya kondisi tubuh tetap terjaga dan terhindar dari insomnia.

Perlu diketahui, waktu yang dibutuhkan untuk tertidur atau latensi tidur biasanya sekitar 15 sampai 20 menit. Apabila dibutuhkan waktu lebih untuk dapat tertidur, maka hal tersebut bisa menandakan pola tidur yang tidak sehat.

BACA JUGA:Atasi Insomnia, Coba Obat Tidur Alami Berikut Ini

Cara Agar Cepat Tidur yang Efektif

Orang yang membutuhkan waktu lama untuk tidur cenderung lebih mudah terkena insomnia. Jika memerlukan waktu lama untuk tertidur, sebaiknya terapkanlah cara-cara berikut ini :

1. Tidur Di Waktu yang Ditentukan

Agar dapat tertidur lebih cepat dan membantu mengatasi insomnia, cobalah untuk menetapkan rutinitas tidur. Namun, tentunya dibutuhkan kedisiplinan untuk menjalankannya. 

Mulailah dengan menjadwalkan jam tidur dan jam bangun di waktu yang sama setiap harinya. Dengan begitu, kebiasaan tidur akan terbentuk dan tubuh akan mengikutinya secara otomatis.

2. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Salah satu tips agar cepat tidur adalah dengan mandi air hangat. Air hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks. Sensasi rileks tersebut akan membuat seseorang lebih cepat merasa ngantuk, sehingga secara tidak langsung juga dapat membantu lebih mudah tertidur.

BACA JUGA:Wanita Lebih Rentan Insomnia Dibanding Pria, Ini Alasannya

3. Menenangkan Diri dengan Musik

Jika kondisi sulit tidur disebabkan oleh suara bising di sekitar tempat tinggal, cobalah untuk menutup pintu dan jendela kamar guna mencegah masuknya suara bising ke dalam kamar. Selanjutnya, tenangkan diri dengan mendengarkan musik yang dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: