Suntik Botox untuk Kecantikan, Apakah Botox Halal?

Suntik Botox untuk Kecantikan, Apakah Botox Halal?

Bagi pegiat gaya hidup halal, suntik botox tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada syariat yang harus dipatuhi.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak mau memiliki wajah yang cantik dan awet muda?  Kamu pasti mau! Terutama bagi wanita, salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan wajah cantik dan awet muda adalah dengan melakukan botox wajah.

Botox adalah salah satu perawatan yang dilakukan untuk mengurangi munculnya kerutan di wajah. Tapi apa itu botox? Apakah jenis perawatan ini dianjurkan dan terjamin keamanannya? Apakah botox halal? Simak informasi selengkapnya di sini, ya!

BACA JUGA:Ini Dia Ide Menu Sarapan Sehat Biar Diet Kamu Sukses

Apa itu suntik botox?
Suntik botox sudah terkenal dan banyak digunakan di dunia kecantikan. Suntik botox dikenal sebagai suntik neurotoxin yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Cara kerja botox ini dapat melumpuhkan otot-otot di bawahnya. Bisa dikatakan, suntik botox memang bertujuan menghentikan sementara gerakan otot di bawah wajah. Saat otot berhenti bergerak, kerutan berhenti terbentuk.

Botox sendiri adalah protein yang berasal dari toksin botulinum yang diproduksi oleh Clostridium botulinum.
Ini adalah racun yang sama yang menyebabkan botulisme. Namun, jik digunakan dengan dosis yang tepat, suntik botox, seperti dijelaskan sebelumnya, memiliki kegunaan dalam membantu meningkatkan kecantikan.

BACA JUGA:Hukum Bekerja di Tempat Riba, Buya Yahya: Harus Melakukan Ini

Selain untuk tujuan kecantikan, suntik botox juga digunakan untuk mengobati kondisi medis lainnya, seperti migrain, hiperhidrosis, kandung kemih, dan masalah mata. Perawatannya harus diulang setiap 3-6 bulan untuk mempertahankan efeknya.

Apakah botox halal?

Bagi pegiat gaya hidup halal, suntik  botox tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada syariat yang harus dipatuhi. Untuk menjawab pertanyaan tentang apakah botox halal, yuk, simak beberapa poin yang dijelaskan di bawah ini!

Untuk suntik botox, ada beberapa bahan kimia yang bisa memperbaiki tekstur kulit dan wajah. Bahan-bahan tersebut memang tidak berbahaya bagi tubuh jika digunakan dalam dosis yang tepat, tapi masih diragukan apakah bahan tersebut halal.

BACA JUGA:4 Keunggulan Tokopedia Paylater, Ini Syarat dan Cara Aktivasinya

Disampaikan oleh LPPOM MUI, suntik botox mengandung glutathione atau bahan pencerah kulit, yaitu sejenis peptida atau protein yang mengandung asam amino rantai panjang.

Bahan peptida berasal dari bahan baku hewani yang belum diketahui halal dan haramnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan suntik botox, kamu sebaiknya memahami dulu kandungan-kandungan di dalamnya.

Perhatikan bahan pendukung lainnya yang masih diragukan kehalalannya

Botox menggunakan cairan pelarut yang status kehalalannya masih dipertanyakan. Saat mengembangbiakkan Clostridium botulinum, diperlukan media yang berasal dari tumbuhan atau hewan. Padahal, media hewan ini masih dipertanyakan kehalalannya . Misalnya jika menggunakan daging babi, sudah pasti haram.

BACA JUGA:Apakah Suntik Putih Aman Bagi Kesehatan?

Kalaupun menggunakan daging sapi, belum tentu cara penyembelihannya sesuai syariat Islam, sehingga tidak bisa disebut halal juga.  Suntik botox yang juga disertai dengan cairan seperti human serum albumin adalah tidak halal karena berasal dari serum manusia, meskipun serum ini secara medis dijamin aman dan steril.

Singkatnya, jika kamu ragu, kamu lebih baik menghindari suntik botox kecuali kamu dapat menemukan semua sumber dan turunan dari bahan botox yang kamu pilih dan bisa memverifikasi bahwa semuanya halal.
Selain Botox, masih banyak cara lain agar kulit wajah tetap awet muda. Kenapa kamu tidak coba cara alami saja?

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Skincare Mengecilkan Pori Pori

Tips suntik botox

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: