Sebelum Olahraga Lari, Siapkan Hal Penting Ini

Sebelum Olahraga Lari, Siapkan Hal Penting Ini

Cobalah joging di pagi hari, karena ini adalah waktu yang ideal untuk melakukannya, udara lebih segar dan kandungan oksigen lebih tinggi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Joging atau sebutan untuk olahraga lari adalah salah satu cara termudah dan paling menyenangkan untuk tetap bugar dan mempertahankan gaya hidup sehat. Dengan berlari, kamu bisa membakar kalori dan lemak serta meningkatkan sirkulasi darah. Berlari juga dapat membantu ekskresi racun dan zat limbah lainnya dari tubuh melalui keringat, dan meningkatkan asupan oksigen.

BACA JUGA:Amankah Menjalani Rhinoplasty untuk Mengubah Bentuk Hidung?

Joging adalah bentuk latihan berdampak rendah dan dengan demikian para pemula dapat dengan mudah beradaptasi. Bahkan persiapan olahraga lari juga bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari, dan tidak memerlukan penggunaan alat gym atau sesi pelatihan yang mahal. Olahraga lari bahkan dapat bermanfaat untuk kamu yang memiliki jadwal sibuk. Untuk kamu yang ingin memulai rutinitas joging, tips berikut akan membantu kamu mendapatkan hasil terbaik!

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum olahraga lari, antara lain:

Pakaian
Sebelum memulai rutinitas olahraga lari, pilihlah pakaian yang tepat. Pakaian yang longgar dan ringan adalah yang terbaik untuk joging, karena memungkinkan tubuh untuk bernapas dan bergerak dengan mudah. Pakaian berbahan katun harus dihindari karena menyerap keringat dan bisa membuat kamu basah sehingga jadi tidak nyaman. Pilih juga sepatu yang pas dan nyaman, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat berlari.

BACA JUGA:Amankah Menggunakan Alkohol untuk Membersihkan Wajah?

Beradaptasi dengan Jalan Ringan
Sebelum memulai gaya hidup baru ini, mulailah dengan jalan cepat yang berlangsung antara 15 dan 20 menit. Kamu mungkin juga bisa memulai dengan jalan-jalan ringan dan kemudian perlahan-lahan meningkatkan kecepatan sampai kamu mampu berlari lebih lama. Penting juga untuk memulai dengan joging di tanah datar, karena ini akan membuat tubuh lebih mudah beradaptasi.

Joging di Pagi Hari
Cobalah joging di pagi hari, karena ini adalah waktu yang ideal untuk melakukannya. Udara lebih segar dan kandungan oksigen lebih tinggi, artinya dengan setiap tarikan napas, kamu akan menerima lebih banyak oksigen. Hal ini dapat membuat kamu bersemangat sehingga bisa membakar lebih banyak kalori.

Pilih Tempat yang Bagus
Memilih tempat atau rute yang baik untuk joging adalah bagian penting dari mempertahankan rutinitas baru ini. Joging di luar ruangan lebih bermanfaat, karena ada pasokan oksigen segar. Sebelum joging, hindari makan makanan apa pun. Minumlah satu atau dua gelas air untuk tetap terhidrasi.

BACA JUGA:Ternyata Minyak Jarak Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lakukan Pemanasan dengan Benar
Peregangan, lompat, dan latihan ringan lainnya harus dilakukan 5 hingga 10 menit sebelum olahraga lari. Melakukan hal ini akan mengendurkan dan melemaskan otot yang kaku sehingga mengurangi risiko cedera.

Lakukan Perlahan
Memulai rutinitas joging mungkin akan membuat kamu mudah lelah pada awalnya. Jangan putus asa! Coba mulailah dengan berjalan kaki selama tiga atau empat menit dan kemudian joging selama satu menit. Saat kamu sudah mampu, kamu dapat mulai menambah panjang interval joging. Jangan terlalu fokus pada jarak dan kecepatan di awal, karena kelelahan dapat menyebabkan cedera.

BACA JUGA:Apa Saja Sumber Kolagen Terbesar untuk Kecantikan Wajahmu?

Pendinginan
Setelah joging, lakukan pendinginan otot selama 5 sampai 10 menit untuk membantu mencegah penumpukan asam laktat, yang bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada tubuh. Jika otot tidak bekerja dalam beberapa saat, hal tersebut juga akan membantu mencegah kekakuan.Itulah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan saat hendak melakukan olahraga lari.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: