Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Ini penyebab mobil diesel keluar asap putih-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Walaupun mobil diesel dikenal dengan ketangguhannya, namun masih perlu rajin untuk melakukan perawatan berkala agar tetap awet dan tahan lama. Berikut caranya :

1. Panaskan Mobil

Apabila mobil hendak digunakan, panaskan terlebih dahulu mesin mobil selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk melancarkan sirkulasi oli sehingga dapat melumasi komponen yang ada di dalam mesin.

2. Pakai Oli Yang Tepat

Cara merawat mobil diesel selanjutnya adalah melakukan penggantian oli dengan spesifikasi yang tepat. Seperti yang diketahui, fungsi oli mesin adalah sebagai pendingin suhu mesin, membersihkan, dan melindungi komponen yang ada di dalam mesin. 

Maka dari itu, gunakanlah oli mesin yang memiliki spesifikasi sesuai dengan rekomendari pabrikan dan jangan pernah telat untuk mengganti oli mesin.

3. Pakai BBM Berkualitas

Merawat mesin diesel juga bisa dengan cara memerhatikan kualitas bahan bakar yang digunakan. Karena solar, bahan bakar yang digunakan oleh mesin diesel memiliki kandungan Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah.

Beberapa jenis solar dengan kadar CN tinggi dan juga kandungan sulfur yang rendah telah tersedia di berbagai SPBU di Indonesia.

Kandungan sulfur yang tinggi ini bisa membuat komponen injektor menjadi rusak dan pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak sempurna.

4. Servis Berkala Filter Bahan Bakar

Penggantian filter bahan bakar ini wajib dilakukan karena berfungsi sebagai alat penyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air atau kotoran. 

Ketika kandungan air atau kotoran yang ada di solar masuk ke sistem pembakaran, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan besar kemungkinan mobil akan mogok.

Pastikan juga filter bahan bakar diganti sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang ada pada buku manual mobil untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat air atau kotoran berhasil masuk di mesin.

5. Ganti Filter Udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: