Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

Ini penyebab mobil diesel keluar asap putih-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Umur Mobil Tua

Umur kendaraan juga dapat memengaruhi mobil diesel untuk mengeluarkan asap putih saat dipanaskan. Apabila umur mobil sudah terlalu tua atau di atas 7 tahun, maka kondisi mesin pun akan mengalami banyak penurunan. 

Sistem pembakaran bahan bakarnya tentu tidak sebaik pada saat mobil baru pertama digunakan. Hasilnya, knalpot mobil pun akan mengeluarkan asap putih pada saat dipanaskan.

4. Blok Mesin Retak

Retaknya bagian blok mesin ini membuat air akan merembes masuk ke dalam ruang bakar mesin. Air yang masuk inilah yang membuat knalpot mobil diesel akan mengeluarkan asap putih tebal pada saat dipanaskan.

Proses pembakaran pada mobil hanya melibatkan bahan bakar saja. Apabila ada zat lain yang seperti air yang ikut terbakar tentu bisa dipastikan hasil dari pembakaran tersebut akan berbeda.

BACA JUGA:Agar Tidak Keliru, Kenali Mitos dan Fakta Mobil Diesel

5. Oli Terbakar

Zat lain yang bisa ikut terbakar adalah oli. Oli yang ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar ini akan menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih tebal. 

Dalam kondisi normal, tentu saja oli tidak akan bisa masuk ke dalam ruang bakar mesin. Oli akan terhenti di ring piston sebelum bisa mencapai ruang bakar. Apabila oli bisa mencapai ruang bakar, maka artinya ring piston mengalami kerusakan. 

Bisa jadi karena aus sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Jika keadaan ring piston sudah aus, maka ada baiknya lakukan perbaikan segera untuk menormalkan kembali kinerja di dalam mesin mobil. Oleh sebab itu, pentingnya ganti oli, untuk mengurangi resiko kerusakan pada mesin mobil.

6. Pompa Bahan Bakar Aus

Penyebab mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan yang terakhir adalah pompa bahan bakar yang sudah mulai aus. Biasanya, masalah ini disebabkan karena mobil menggunakan pompa bahan bakar model manual. 

Pada saat membrane pompa rusak, oli akan masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar bersama dengan bakar. Imbasnya tentu knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih sebagai hasil pembakarannya.

Tips Merawat Mobil Diesel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: