Bantu Pemulihan, Konsumsi Makanan Ini Setelah Operasi Usus Buntu

Bantu Pemulihan, Konsumsi Makanan Ini Setelah Operasi Usus Buntu

Bantu pemulihan, konsumsi makanan ini setelah operasi usus buntu -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pasien yang telah melalui operasi radang usus buntu wajib mengonsumsi makanan yang tepat agar dapat mempercepat proses pemulihannya. 

Pasalnya, penyakit radang usus buntu mewajibkan penderitanya untuk mengatur asupan makanan yang dikonsumsi agar tidak terjadi komplikasi setelah operasi. 

Lantas, apa saja makanan yang direkomendasikan dan yang harus dipantang pasca operasi usus buntu?

Rekomendasi Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Setelah menjalani operasi usus buntu, dokter pasti akan menganjurkan beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan. 

Sejumlah rekomendasi makanan setelah operasi usus buntu adalah sebagai berikut :

1. Makanan Yang Mengandung Bromelain

Bromelain adalah enzim yang terkandung di dalam nanas. Kandungan ini dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu meredakan rasa nyeri. 

Bromelain juga terbukti mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi risiko pembengkakan jaringan dan otot setelah operasi. Karena kandungan tersebut, nanas menjadi salah satu buah yang boleh dimakan setelah operasi usus buntu.

2. Makanan Kaya Vitamin C

Makanan yang baik setelah operasi usus buntu salah satunya adalah makanan kaya vitamin C. Pasalnya, nutrisi ini penting untuk proses penyembuhan luka, mulai dari membersihkan netrofil hingga mencegah pembentukan koreng atau bekas luka. 

Sehingga, mengonsumsi vitamin C dapat mempercepat pemulihan luka internal. Sejumlah makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, kiwi, jambu biji, dan kembang kol.

3. Makanan Yang Bersifat Antiinflamasi

Mengonsumsi makanan yang bersifat antiinflamasi penting untuk mencegah terjadinya infeksi. Kandungan ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: