Batuk Kering, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Batuk Kering, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi batuk kering-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

- Benjolan pada tenggorokan yang semakin membesar.

Cara Mengobati Batuk Kering

Penyebab batuk kering cukup beragam, sehingga pengobatannya pun akan menyesuaikan kondisi yang mendasarinya. 

Namun, penderita dapat melakukan perawatan di rumah untuk meredakan gejala batuk dengan beberapa cara berikut ini :

1. Berkumur Air Garam

Cara mengatasi batuk kering yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Mengonsumsi segelas air hangat dengan campuran ½ sdt gram diyakini dapat meredakan peradangan. Cobalah berkumur dengan air garam selama 30 detik sambil menengadahkan kepala lalu buang air garam.

2. Menambahkan Madu dalam Minuman

Madu diketahui memiliki sifat antiinflmasi yang berfungsi mengurangi peradangan sehingga bisa menjadi alternatif cara meredakan batuk kering secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup tambahkan madu dalam secangkir teh atau air lemon hangat.

3. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Mengonsumsi makanan dan minuman hangat bermanfaat untuk membuat tenggorokan lebih lega ketika sedang mengalami batuk kering dan membantu mencegah dehidrasi. Teh hangat dan sup bisa menjadi pilihan menu makanan dan minuman hangat yang cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk kering.

4. Menggunakan Pelembap Ruangan

Pasalnya, udara ruangan yang terlalu kering di dalam ruangan juga bisa menjadi salah satu penyebab batuk kering. Untuk mengatasinya, gunakan alat pelembap udara atau humidifier untuk membantu pemulihan batuk kering dan menjaga udara di ruangan tetap lembap.

5. Berkonsultasi Dengan Dokter

Apabila gejala batuk kering tak kunjung membaik, bahkan setelah beristirahat dengan cukup dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, sebaiknya segera kunjungi dokter terdekat agar mendapatkan penanganan secara tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: