Info Penting, Inilah Fakta dan Mitos Tuberkulosis

Info Penting, Inilah Fakta dan Mitos Tuberkulosis

Ilustrasi penyakit TBC -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Jangan Asal Konsumsi, Kenali Jenis Minuman Kolegan yang Halal

6. Mitos TB: Orang Yang Terinfeksi Bakteri TB Pasti Sakit

Perlu diketahui, kebanyakan orang setidaknya pernah terpapar bakteri penyebab TB sekali dalam hidupnya. Namun, faktanya tidak semua orang akan menderita TB.

Biasanya bakteri masuk ke dalam tubuh namun tidak aktif, kondisi ini disebut dengan TB laten. Jadi, tidak ada gejala apa pun yang muncul. Pasalnya, semakin kuat daya tahan tubuh, risiko bakteri TB berkembang dan menyebabkan penyakit pun menjadi lebih rendah.

7. Mitos TB: Batuk Berdarah Pasti Gejala Awal TB

Faktanya, batuk berdarah bukanlah gejala awal dari penyakit TB. Batuk berdarah biasanya baru terjadi ketika penyakit sudah semakin berkembang dan menyerang jaringan parenkim atau pembuluh darah paru-paru. 

Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah paru-paru mengalami kerusakan dan mengeluarkan darah.

Namun, tidak semua batuk berdarah pasti disebabkan oleh tuberkulosis. Pasalnya, terdapat beberapa penyakit lain yang dapat memicu batuk berdarah, salah satunya adalah kanker paru.

8. Mitos TB: Merokok Dapat Menyebabkan TB

Faktanya, tuberkulosis tidak disebabkan oleh rokok, melainkan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. 

Namun, asap rokok dan kandungan nikotin di dalam rokok dapat mengganggu proses pembersihan saluran napas dari dahak dan melemahkan makrofag yang bertugas mencegah bakteri Mycobacterium tuberculosis masuk ke dalam tubuh.

Jadi, rokok bukanlah penyebab utama tuberkulosis. Namun, tak dipungkiri bahwa perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi terserang infeksi TB karena kondisi kesehatan saluran pernapasannya yang menurun.

Itulah informasi seputar fakta dan mitos TB (tuberkulosis) yang perlu diketahui kebenarannya. Fakta tentang tuberkulosis penting dipahami agar kepedulian masyarakat terhadap penyakit ini bisa meningkat, sehingga pencegahannya pun bisa menjadi lebih efektif. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: