Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Berikut Cara Mengatasinya

Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Berikut Cara Mengatasinya

Ilustrasi sakit tenggorokan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

6. Radang Amandel (Tonsilitis)

Radang amandel (tonsilitis) merupakan kondisi yang terjadi ketika terdapat infeksi pada amandel, yaitu kelenjar yang terletak pada setiap sisi dari bagian belakang tenggorokan yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh dalam melawan kuman penyakit.

Adapun sejumlah gejala umum dari radang amandel adalah nyeri tenggorokan, demam, salah satu atau kedua sisi amandel membengkak dan meradang, pembengkakan kelenjar getah bening, dan munculnya bercak putih kekuningan di sekitar amandel.

7. Difteri

Difteri adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. 

Bakteri tersebut dapat mengeluarkan racun yang menyebabkan terbentuknya selaput putih tebal di atas permukaan dalam hidung, lidah, tenggorokan, dan saluran pernapasan lain. Karena itu, difteri dapat menyebabkan penderitanya kesulitan untuk bernapas dan menelan.

Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Meski biasanya tidak berbahaya, nyeri tenggorokan saat menelan merupakan kondisi yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas serta kualitas hidup penderitanya. 

Karena itu, berikut adalah sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi tenggorokan sakit saat menelan :

1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam diketahui dapat membantu membersihkan rongga mulut, meredakan peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan, serta mengencerkan dahak di tenggorokan yang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Untuk membuat larutan air garam, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Lalu, berkumurlah menggunakan larutan tersebut setiap 3 jam sekali atau hingga nyeri tenggorokan mereda.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tenggorokan kering merupakan salah satu penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang umum terjadi. 

Karena itu, disarankan untuk memperbanyak minum air putih guna melembapkan tenggorokan dan membantu mengurangi rasa nyeri saat sedang menelan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: