Wajib Tahu, Ini Penyebab Knalpot Mobil Berisik dan Suaranya Berubah

Wajib Tahu, Ini Penyebab Knalpot Mobil Berisik dan Suaranya Berubah

Ilustrasi knalpot mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Suara knalpot mobil yang berubah menjadi lebih berisik biasanya disebabkan karena adanya masalah pada suatu komponen. 

Apabila mobil Anda mengalami masalah knalpot berisik ini, ada baiknya perlu segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

Penyebab Knalpot Berisik dan Berubah Suara

Knalpot standar yang berubah menjadi berisik tentunya akan sangat mengganggu. Untuk bisa mengatasinya, Anda perlu ketahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang mungkin menyebabkan knalpot mobil Anda bisa berubah suara menjadi berisik.

BACA JUGA:Resonator Knalpot Mobil, Ketahui Letak Komponen dan Fungsinya

Dengan mengetahui hal yang menyebabkannya, maka Anda bisa mencegah atau meminimalisir risiko knalpot berubah suara menjadi berisik lagi. Penyebab knalpot mobil berubah suara menjadi berisik antara lain, yaitu sebagai berikut :

1. Adanya Kebocoran Pada Exhaust Manifold

Salah satu hal yang menyebabkan knalpot mengalami perubahan suara dan menjadi berisik, yaitu karena adanya kebocoran pada exhaust manifold.

Apabila hal ini terjadi, Anda bisa mendeteksi kebocoran dari terdapatnya bintik hitam pada bagian permukaan manifold. Kemudian Anda juga akan mendengar suara keras seperti gemuruh begitu mesin mulai dinyalakan.

2. Adanya Kebocoran Pada Sambungan Pipa

Kebocoran pada knalpot tidak hanya bisa terjadi pada satu tempat saja. Selain pada Exhaust Manifold, kebocoran pada knalpot juga bisa terjadi pada sambungan pipanya.

Jika hal ini terjadi, biasanya akan ditandai dengan terdapatnya bubuk residu hitam di bagian sambungan pipa. Kebocoran pada sambungan pipa akan membuat suara knalpot jadi lebih keras dan berisik.

BACA JUGA:Pahami, Penyebab Bocor dan Kapan Harus Ganti Knalpot

3. Adanya Kerusakan Pada Sensor Oksigen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: