Hindari Terjadinya Korsleting, Ini Tips Aman Pasang Audio Mobil

Hindari Terjadinya Korsleting, Ini Tips Aman Pasang Audio Mobil

Ilustrasi audio mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mobil merupakan alat transportasi yang diidolakan oleh masyarakat Indonesia. Kenyamanan dan daya tampungnya menjadi daya tarik serta kelebihan jika dibandingkan dengan sepeda motor.

Dalam interior mobil terdapat beberapa komponen yang bisa menghilangkan kebosanan selama perjalanan. Salah satunya adalah audio, komponen ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik maupun radio. 

Sebelum digunakan, pastinya audio harus dipasang terlebih dahulu, berikut cara memasang audio mobil.

1. Komponen Audio Mobil

Ketika akan memasang audio, sebaiknya menyiapkan beberapa komponen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa komponen ini berguna untuk memberikan kualitas suara yang terbaik. 

BACA JUGA:Pemula Perlu Tahu, Inilah Jenis Komponen Audio Mobil

Beberapa jenis komponen tersebut terdiri dari head unit, speaker, x-over/crossover speaker, power amplifier, fuse box, kapasitor bank dan aki.

Beberapa komponen di atas memiliki fungsi yang cukup vital untuk memanjakan telinga pendengarnya. Namun, segelintir komponen tidak mesti digunakan, seperti kapasitor bank. Part yang satu ini umumnya berfungsi sebagai penyimpanan listrik dan menghadirkan suara yang besar. 

2. Cara Memasang Audio Mobil

Tahap awal yang perlu diperhatikan saat memasang audio mobil adalah menggunakan kabel yang tepat. Kabel ini berfungsi sebagai penyalur daya listrik pada setiap perangkat untuk menghadirkan suara yang berkualitas. 

Dalam hal ini, perlu memotong dan menyambungkan kabel dengan rapi supaya tidak ada yang korsleting.

Lalu, masukkan sumber listrik yang diperoleh dari kepala aki positif dan negatif. Saat proses ini, harus benar-benar menggunakan kabel yang tepat untuk menyambungkan speaker dengan aki. 

BACA JUGA:Tips Perawatan Audio Mobil dan Penyebab Kerusakannya

3. Power Amplifier

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: