Dianggap Nikmat Luar Biasa! Ini Dia Alasan Dibalik Larangan Merokok setelah Makan

Dianggap Nikmat Luar Biasa! Ini Dia Alasan Dibalik Larangan Merokok setelah Makan

Merokok setelah makan dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru, seperti bronkitis kronis dan emfisema.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sering kali dianggap dapat membahayakan kesehatan. Selain dinilai dapat menyebabkan berbagai penyakit, Merokok juga memperburuk kondisi kesehatan. Salah satu kebiasaan Merokok yang perlu dihindari adalah Merokok setelah makan. Ada beberapa alasan di balik larangan Merokok setelah makan. Berikut ini adalah 8 alasan tersebut disadur dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Kenali Bentuk Ciri-ciri Serangan Jantung dan Respons Penyelamatan Nyawa

Meningkatkan risiko kanker lambung
Asap rokok mengandung berbagai zat berbahaya, termasuk nikotin, tar, dan karbon monoksida. Zat-zat tersebut dapat merusak lapisan lambung dan meningkatkan risiko kanker lambung. Adalah jurnal Cancer Research yang menyebutkan jika perokok memiliki risiko 2,5 kali lebih tinggi untuk terkena kanker lambung dibandingkan dengan bukan perokok.

BACA JUGA:Viral! Arti Pinjam Dulu Seratus yang Viral di Medsos, Ternyata Bikin Ngakak

Memperburuk gejala maag
Maag merupakan penyakit yang ditandai dengan nyeri atau rasa tidak nyaman di perut bagian atas. Merokok setelah makan dapat memperburuk gejala maag, karena nikotin dalam rokok dapat melemahkan katup antara kerongkongan dan lambung.Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan nyeri dan rasa terbakar di dada.

BACA JUGA:Keseimbangan Unsur Yin dan Yang Sangat Penting Agar Cepat Dapat Jodoh

Meningkatkan risiko penyakit jantung
Merokok setelah makan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Journal of the American Heart Association menemukan bahwa perokok yang merokok setelah makan memiliki risiko 25% lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan perokok yang tidak merokok setelah makan.

BACA JUGA:Cara Turunkan Berat Badan Hingga 5 Kg dalam 1 Minggu, Benarkah Bisa?

Meningkatkan risiko stroke
Stroke merupakan penyakit yang terjadi ketika aliran darah ke otak terhambat atau terputus. Merokok setelah makan dapat meningkatkan risiko stroke, karena dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.Merangkum hasil penelitian oleh jurnal Stroke menyatakan bahwa perokok yang merokok setelah makan memiliki risiko 20% lebih tinggi untuk terkena stroke dibandingkan dengan perokok yang tidak merokok setelah makan.

Meningkatkan risiko diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Merokok setelah makan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, karena dapat merusak sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Sebuah penelitian si jurnal Diabetes Care mengungkapkan bahwa perokok yang merokok setelah makan memiliki risiko 22% lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan bukan perokok.

BACA JUGA:WOW NGERI! Ini Dia 3 Ilmu Hitam Paling Sakti dan Berbahaya di Dunia

Meningkatkan risiko penyakit paru-paru
Merokok setelah makan dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru, seperti bronkitis kronis dan emfisema. Hal ini karena asap rokok dapat mengiritasi dan merusak paru-paru.Merujuk hasil penelitian jurnal The Lancet menemukan bahwa perokok yang merokok setelah makan memiliki risiko 25% lebih tinggi untuk terkena penyakit paru-paru dibandingkan dengan bukan perokok.

Meningkatkan risiko kanker paru-paru
Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi di dunia. Merokok merupakan faktor risiko utama kanker paru-paru. Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Cancer Research menemukan bahwa perokok yang merokok setelah makan memiliki risiko 30% lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru dibandingkan dengan bukan perokok.

BACA JUGA:Kenapa Seseorang yang Berjodoh Mukanya Bisa Mirip? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Menyebabkan kerusakan gigi
Asap rokok mengandung tar dan nikotin yang dapat merusak gigi dan gusi. Merokok setelah makan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, karena asam lambung dapat merusak enamel gigi.Berdasarkan alasan-alasan di atas, di satu sisi merokok setelah makan merupakan kebiasaan yang dinilai kurang bagus bagi kesehatan. Namun, ada juga yang berpendapat jika merokok bisa membuat pikiran rileks. Akhirnya, semua kembali kepada pribadi masing-masing individu.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: