Obat Alami Atasi Sakit Gigi Berlubang Yang Efektif Dan Ampuh

Obat Alami Atasi Sakit Gigi Berlubang Yang Efektif Dan Ampuh

Ilustrasi obat alamu atasi sakit gigi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gigi berlubang adalah kondisi yang terjadi akibat terkikisnya enamel atau lapisan terluar gigi. Gigi berlubang sering kali menimbulkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, terdapat berbagai rekomendasi obat sakit gigi berlubang, salah satunya adalah ibuprofen.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang yang Alami

Karies gigi atau gigi berlubang adalah masalah gigi dan mulut yang kerap dialami oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.
BACA JUGA:Cegah Sakit Gigi, Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Kondisi ini dapat terjadi karena adanya penumpukan plak gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang mengandung gula dan pati. 

Jika tidak dibersihkan, plak tersebut akan diubah oleh bakteri alami menjadi asam. Zat asam inilah yang dapat merusak enamel dan membuat gigi berlubang.

Pada kebanyakan kasus, karies gigi tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, rasa nyeri dapat muncul jika lubang pada gigi telah membesar dan mulai memengaruhi saraf. 

Untuk membantu meredakan rasa nyeri tersebut, berikut adalah sejumlah rekomendasi obat alami sakit gigi berlubang yang dapat digunakan :

1. Garam

Rekomendasi obat sakit gigi berlubang yang pertama adalah air garam. Bahan alami ini diketahui dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi serta membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang dapat menjadi media pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut.

Untuk menggunakannya, cukup larutkan satu sendok teh garam pada segelas air hangat. Lalu, berkumurlah menggunakan air garam tersebut sebanyak 3–4 kali hingga rasa nyeri pada gigi berlubang mereda.

BACA JUGA:Anak Menderita Sakit Gigi? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

2. Minyak Cengkeh

Kandungan eugenol pada minyak cengkeh merupakan salah satu senyawa antiseptik alami sehingga dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang di dalam mulut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: