Waspada, Ini Media Penularan Kurap yang Jarang Diketahui

Waspada, Ini Media Penularan Kurap yang Jarang Diketahui

Ilustrasi tangan terkena kurap-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu jenis infeksi jamur pada kulit yang bisa menyerang siapa saja adalah ringworm atau yang kita kenal sebagai kurap.

Kurap sendiri bukan merupakan infeksi yang dibawa oleh cacing, melainkan infeksi yang disebabkan oleh jamur yang hidup di bagian sel kulit mati pada kulit kepala, kulit pada tubuh, dan kuku. 

Menurut Health Navigator, ringworm sendiri ada banyak jenisnya karena bisa menginfeksi di bagian tubuh yang berbeda, seperti : 

BACA JUGA:Bisa Dicoba, Ini Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemukan

1. Athlete’s foot atau kaki atlet yang merupakan kurap pada kaki.

2. Jock itch atau kurap pada daerah selangkangan.

3. Kurap pada kulit kepala 

4. Kurap pada tubuh 

Dalam penularannya, ternyata kurap bisa ditularkan tidak hanya oleh orang lain, namun juga bisa dari binatang, tanah, hingga benda-benda tertentu. Berikut penjelasannya :

BACA JUGA:Ada Tanda Hitam Bekas Kurap? Ini Cara Alami dan Aman Menghilangkannya

1. Dari Orang Lain 

Penularan kurap bisa terjadi antara satu orang ke orang lain. Kemungkinan untuk mendapatkan kurap dari orang lain cukup besar ketika orang tersebut terinfeksi dengan kurap. Penularan kurap antara satu orang ke orang lain biasanya terjadi melalui kontak langsung dengan kulit. 

Tidak hanya itu saja, cara penularan lainnya juga cukup beragam, seperti melalui pakaian, handuk, sisir, atau barang pribadi lain yang digunakan bersama. 

2. Dari Binatang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: