Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kanker dan Tumor Payudara

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kanker dan Tumor Payudara

Waspada rasa nyeri atau benjola di payudara-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Penyakit Tumor dan Apa Penyebab Timbulnya Tumor

4. Dari Karakteristik Benjolannya

Umumnya, bentuk dan tepian dari benjolan tumor jinak pada payudara dapat diraba menggunakan tangan dan terasa dengan jelas. Benjolan tumor jinak tersebut juga memiliki tekstur yang kenyal atau lunak dan dapat digerakkan dengan mudah karena tidak melekat pada jaringan di sekitarnya.

Sementara itu, tepian dari benjolan akibat kanker payudara cenderung terasa tidak jelas dan memiliki permukaan yang tidak rata. Benjolan tersebut juga bertekstur lebih keras dan sulit digerakkan karena melekat erat pada jaringan payudara.

5. Dari Tekstur Kulit di Sekitar Payudara

Perbedaan tumor dan kanker payudara berikutnya terlihat dari struktur kulit di sekitar payudara. Tumor jinak payudara umumnya tidak menyebabkan perubahan bentuk ataupun tekstur kulit pada payudara.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru 

Sebaliknya, kanker payudara dapat menyebabkan pori-pori kulit payudara melebar sehingga membuat teksturnya menyerupai kulit jeruk. Selain itu, gejala lainnya dari kanker payudara berupa luka di payudara yang tidak kunjung sembuh dan terdapat semacam cekungan atau tarikan di kulit payudara. 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menemukan Benjolan di Payudara?

Apabila menemukan benjolan yang tidak biasa pada payudara, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter untuk memastikan apakah benjolan tersebut bersifat jinak atau ganas. 

Dokter dapat mengonfirmasi diagnosis dengan menggunakan pemeriksaan penunjang, seperti mammografi dan biopsi. Untuk itu, segera kunjungi dokter terdekat jika Anda menemukan benjolan yang tidak biasa di sekitar payudara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: