Benarkah Memelihara Kucing dapat Menyebabkan Kemandulan?

Benarkah Memelihara Kucing dapat Menyebabkan Kemandulan?

banyak sekali mitos yang beredar bahwa memelihara kucing dapat menyebabkan kemandulan bagi wanita.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kucing adalah hewan menggemaskan yang sering kali kita jumpai di pemukiman warga. Selain wajahnya, tingkah laku Kucing juga kerap menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang, hal inilah yang membuat Kucing menjadi hewan peliharaan yang banyak diminati untuk dipelihara di dalam rumah.

BACA JUGA:Biar Tampak Cantik dan Anggun, Begini Cara Memilih Anting Yang Tepat

Walaupun menggemaskan tapi banyak sekali mitos yang beredar bahwa memelihara kucing dapat menyebabkan kemandulan bagi wanita. Hal ini membuat rasa khawatir bagi pencinta kucing. Apalagi bila kita suka mencium bulu kucing yang menurut masyarakat dapat mengganggu kesuburan wanita. Namun apakah hal itu sebuah fakta? Atau hanya mitos yang tersebar di masyarakat?

BACA JUGA:Aplikasi Satu Ini Berikan Saldo DANA Gratis Rp350.000 Hanya Dengan Mengisi Survei, Tanpa Harus Undang Tem

Menurut dr. Harizah Umri, Sp. Ak dalam rekaman di acara ‘Your Own Health’. itu lebih ke arah mitoslah, jadi jangan disalahkan kucingnya, jadi kucing di sini sebagai perantara yang menjadi penyebab adalah tokso jadi mungkin kucingnya kurang bersih dan perantara kuman tokso bukan lewat kucing saja,” ucapnya.

Toksoplasmosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh T. gondii. Protozoa ini merupakan parasit obligat intraseluler yang hidup di alam bebas. Parasit ini dapat menginfeksi semua bangsa burung dan mamalia termasuk manusia. Toksoplasma inilah yang membuat wanita sulit hamil atau dapat membuat ibu hamil dapat keguguran atau cacat pada janinnya. Toksoplasma ini juga dapat menginfeksi kucing jika kucing memakan bahan yang terkontaminasi seperti tikus atau makan-makanan mentah lainnya.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu, Dimana Sajakah Kita Bisa Menggunakan DANA Paylater dan Apa Kegunaannya!

Manusia dapat tertular toksoplasmosis melalui feses kucing, jika banyaknya feses kucing yang berada di sembarang tempat area terbuka yang dengan mudah mengering lalu terbang bersama debu diterpa angin dan dengan itu dapat menularkan penyakit ke manusia, itulah yang menjadi masalah. Sedangkan bulu kucing tidak dapat menularkan toksoplasmosis ke manusia. Selain melalui perantara seperti kucing manusia juga dapat terkena toksoplasmosis jika memakan daging yang kurang matang.

Jika kita memelihara kucing yang selalu terawat makanannya dan jarang berkeliaran keluar rumah tentu saja hal ini memiliki kemungkinan yang sangat kecil terjadi, selain itu kucing hanya menularkan toksoplasma melalui fesesnya namun tidak dengan bulunya. Nah, untuk para pecinta kucing jadi tidak perlu khawatir untuk mencium kucing kalian selama kucing kalian terjamin kebersihannya. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat feses kucing.

BACA JUGA:Tak Lekang Oleh Waktu! Inilah Brand Sepatu Era 80-an yang Masih Eksis hingga saat Ini

Jadi, memelihara kucing dapat menyebabkan kemandulan itu bisa dibilang mitos, namun harus tetap menjaga dan memperhatikan kebersihan dan makanan si kucing sehingga hewan menggemaskan ini tetap selalu aman untuk kesehatan kita.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: