Biar Tau! Inilah Permainan dan Tarian Berunsur Mistis di Indonesia

Biar Tau! Inilah Permainan dan Tarian Berunsur Mistis di Indonesia

Kuda Lumping menjadi salah satu permainan yang diyakini diperngaruhi oleh unsur mistis lantaran banyak kejadian yang melawan hukum nalar manusia.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia memang terkenal dengan keaneka ragam suku, bahasa dan budayanya, sehingga tak heran setiap daerah memiliki ciri khas yang menjadi daya tariknya sendiri. Selain itu, budaya di luar pandangan mata atau yang tidak tampak seperti kisah horor, mistis, mitos dan juga legenda sangat kental di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Dia Tanda-tanda Kamu Diikuti Roh Jahat

Hal ini bahkan meresapi setiap budaya dan adat tertentu bahkan juga merasuki berbagai permainan dan tarian. Berikut deretan permainan dan tarian yang dianggap mengandung unsur mistis dan magis yang ada di Indonesia

1. Tari Seblang
Tari Seblang merupakan tarian khas Banyuwangi yang biasanya dibawakan oleh seorang perempuan lengkap dengan kostum tarinya berupa kebaya dan selendang. Tari Seblang ini dianggap memiliki daya tarik magis yang bisa menghipnotis para penontonnya melalui hentakan si penari. Lebih menarik lagi, konon penari Seblang bisa menari beberapa hari tanpa henti dikarenakan pengaruh dari makhluk tak kasat mata.

BACA JUGA:Ini Dia Pesugihan Ludah Pocong dan Ciri-cirinya

2. Kuda Lumping
Permainan sekaligus tari Kuda Lumping menjadi salah satu daya tari wisatawan terutama di daerah Jawa dan sekitarnya karena memang permainan ini sangat memberikan hiburan yang menarik sekaligus membuat bergidik ngeri.

Pasalnya, Kuda Lumping menjadi salah satu permainan yang diyakini diperngaruhi oleh unsur mistis lantaran banyak kejadian yang melawan hukum nalar manusia. Para penari yang menggunakan miniatur kuda terbuat dari kulit tersebut biasanya akan beratraksi dengan ekstrim dan kebal terhadap benda tajam seperti silet dan pecahan kaca.

BACA JUGA:Miliki RAM Virtual Hingga 7 GB, Infinix Smart 7 Hanya Dijual 1 Jutaan, Ini Spesifikasinya

3. Calonarang
Calonarang atau kadang juga disebut Calon Arang merupakan tarian yang berasal dari Bali. Tarian yang biasa dibawakan oleh penari perempuan ini dianggap begitu mistis lantaran tak sembarangan orang yang bisa membawakannya.

Selain itu, bagi yang menonton tarian ini juga sangat dilarang untuk berhenti di tengah jalannya pertunjukkan, dalam artian jika pertunjukkan dimulai malam dan selesai dini hari, maka penonton tak boleh beranjak dari tempat tersebut. Menurut mitos yang berkembang, jika seseorang menonton Calonarang tapi tidak sampai selesai, maka arwah dari yang merasuki si penari akan meneror penonton tersebut.

BACA JUGA:Mengulik Toyota GR Supra Edisi Terbatas yang Hanya di Produksi 900 Unit

4. Tari Kecak
Masih dari Bali, Tari Kecak juga merupakan salah satu tarian yang populer di Indonesia bahkan mungkin mancanegara. Tarian yang biasa dibawakan oleh rombongan para laki-laki ini juga tak luput dari kepercayaan pengaruh mistis.Tari Kecak diyakini berkaitan dengan unsur mistis lantaran adanya sebuah ritual semacam perizinan atau menghormati para leluhur supaya jalannya tarian berjalan baik dan lancar.

BACA JUGA:Inilah Fitur Keselamatan Mobil Wajib Diketahui, Ada Fitur Aktif dan Pasif

5. Debus Pencak
Tak kalah populer dari permaian lain, Debus Pencak atau juga sering disebut Debus yang merupakan permaian khas dari Banten ini juga menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, Debus juga sering menjadi pertunjukkan dalam menyambut tamu-tamu kehormatan sejak pemerintahan Banten dari dulu hingga kini.

Selain dari keunikan penampilannya, Debus juga memiliki daya tarik lain yang dianggap magis menurut banyak orang. Biasanya, para pelaku debus akan melakukan semacam ritual dan doa serta meminta izin kepada yang lain untuk tidak mengganggu ritualnya sebelum acara, lalu jika sudah dimulai maka para pelaku debus akan melakukan pencak atau semacam beladiri dengan mengandalkan kekebalan seperti tahan terhadap benda tajam juga kuat menaham segala pukulan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: