Tiga Investor Siap Bangun PLTMH

Tiga Investor Siap Bangun PLTMH

\"PLTMHKOTA BINTUHAN, BE- Jika tidak ada halangan 3 Investor dari Jakarta akan melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH). Diketahui saat ini 3 investor yakni PT Indonusa Citra Lestari, PT Sahung Brantas Energi dan PT Gema Muara Energi sudah melakukan survey lokasi, dalam waktu dekat akan dilakukan survey ulang layaknya lokasi tersebut untuk pembangunan PLTMH tersebut. Jika melihat kondisi dilapangan, nampaknya 3 Investor tersebut bakal membangun PLTMH tersebut.

\"Kita sambut baik dan memberi kemudahan ke semua investor yang tertarik investasi di Kaur, khususnya PLTMH ini jelas sangat membantu Warga yang belum memiliki jaringan listrik,\" ujar Kadishutbang ESDM Kaur Ir H Ahyan Endu melalui Kabid Pertambangan ESDM Hary MK Laksana ST didampingi  Kasi Listrik Saprolhadi ST, kemarin.

Dikatakanya, saat ini ada tiga lokasi yang bakal dijadikan lokasi PLTMH, tiga lokasi tersebut sudah dilakukan survey oleh tiga investor tersebut. Untuk PT Indonusa Citra Lestari telah melakukan survei lokasi di Desa Air Pahlawan-Suku Tiga  Kecamatan Nasal, kemudian T Sahung Brantas Energi di desa Bungin Tambun I dan II kecamatan Padang Guci. Lalu untuk PT Gema Muara Energi melakukan survei di Desa Serdang Indah SP 3 dan SP 4 kecamatan Muara Sahung. Dari hasil survei di 3 lokasi tersebut cukup pontensial untuk dibangun PLTMH, namun semuanya tergantung investor tersebut.

\"Tahun ini memang masih survei namun jika nantinya cocok maka perusahaan swasta akan membangunya, walaupun pembangunan konstruksi fisik pembangkit membutuhkan waktu hingga satu tahun. Namun jika sudah ada kesepakatan maka tahun ini  sudah memulai pembangunan pembangkit dan pemasangan mesin turbin,\" jelasnya.

Dijelaskanya, 3 pembangunan PLTMH ini memang sangat potensi di 3 lokasi tersebut, mengingat lokasi tersebut adanya sungai besar sehingga bisa dimanfaatkan.

Karena seperti Sungai Nasal di Air Pahlawan-Suku Tiga, Sungai Padang Guci dan Sungai Muara Sahung  sudah dilakukan penelitian paling tidak arus sungainya bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik berkapasitas 40 mega watt. Namun untuk PLTMH yang akan dibangun di tiga lokasi ini masing-masing berkapasitas 10 Mega watts.\"Namun jika sudah ada tiga lokasi PLTMH maka semuanya masyarakat Kaur bisa menikmati listrik semuanya, makanya saat ini kita butuh dukungan warga kaur agar investor mau membangun PLTMH tersebut,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: