Bantuan Sapi Tertunda

Bantuan Sapi Tertunda

\"sapiKOTA BINTUHAN,BE – Program bantuan sapi bagi kelompok tani untuk saat ini jelas tertunda, kemungkinan Dinas Pertanian akan menyalurkan bantuan sapi Agustus mendatang. Hal ini disebabkan pengadaan sapi dengan pagu anggaran sebesar Rp 500 juta baru akan dilakukan setelah APBD- Perubahan 2013, jika tidak dirubah maka sulit penerapanya untuk diberikan kelompok. \"Makanya saat ini sudah kita bahas, bahwa rekening pengadaan sapi akan dibahas pada perubahan anggaran bulan Juni mendatang,\" ujar Kabid Ekosusbud  Bappeda Kaur Gunata Akbar MSi, kemarin.

Penundaan terpaksa harus dilakukan mengingat terjadi kesalahan pada rekening anggaran. Dimana seharusnya pengadaan sapi yang ditujukan untuk bantuan kelompok dimasukan dalam rekening bansos atau hibah, tetapi nyatanya termasuk kedalam rekening belanja modal. Jika belanja modal maka sapi tersebut masuk dalam aset Pemkab. sehingga penerapan kelompok sulit dilakukan.

Namun jika masuk dalam rekening hibah maka semua sapi tersebut diperuntukan kekelompok, makanya saat dibahas langkah baiknya rekening pengadaan sapi dirubah menjadai rekening Bansos.  \"Makanya jikapun tetap kita paksakan tentu akan lebih rumit lagi nanti, salah-salah justru kita melanggar aturan. untuk itu kita usulkan dalam perubahan anggaran,\" jelasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pertanian Asmawan SSos mengatakan jika tetap dimasukan kedalam rekening belanja modal maka pihaknya kemungkinan akan kesulitan untuk mengatur mekanisme penyaluran. Sebab dalam belanja modal, otomatis sapi yang akan dibagikan kepada kelompok tidak bisa dimiliki dan harus dikembalikan kepada pemerintah. Kemudian juga pada tahun ini sudah dilakukan perubahan, sehingga penyaluranya jika sudah berubah maka akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

\"Yang jelas tahun 2013 ini sapi akan segera disalurkam ke kelompok, hal ini sudah menjadi program dinas pertanian dan tidak akan lagi molor,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: