Mau Beli Mobil Matic? Ketahui Dulu Kekurangannya Sebelum Menyesal

Mau Beli Mobil Matic? Ketahui Dulu Kekurangannya Sebelum Menyesal

Ilustrasi handle transmisi mobil matic-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil matic. Cukup banyak kekurangan mobil matic yang perlu anda ketahui. Terutama pengendara pemula yang berencana menjadikan kendaraan sehari-hari. 

Memang saat ini, tren mobil matic tengah menjamur. Hampir semua produsen mobil, kini sudah mulai mengeluarkan produk dengan transmisi otomatis.

Kalau urusan cara pakai, mobil matic memang lebih praktis dalam penggunaannya ketimbang mobil manual. Meski begitu, tetap ada kekurangan mobil matic yang membuat mobil manual masih bisa dilirik oleh para pencinta mobil. 

BACA JUGA:Radiator Mobil Bocor? Jangan Diservice, Ini Bahayanya

Adapun 5 Kekurangan Mobil Matic :

1. Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Rendah 

Mobil matic cenderung memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil manual dalam banyak kasus. Hal ini terkait dengan kerugian daya yang terjadi dalam proses perpindahan gigi otomatis dan beban tambahan dari komponen transmisi otomatis. 

2. Biaya Perawatan dan Perbaikan yang Lebih Tinggi 

Perawatan dan perbaikan pada transmisi otomatis sering kali lebih rumit dan mahal daripada transmisi manual. Jika terjadi masalah pada transmisi otomatis, biayanya bisa sangat tinggi, termasuk biaya perbaikan dan penggantian komponen. 

3. Kurangnya Kontrol Gigi oleh Pengemudi 

Pengemudi mobil matic memiliki kendali yang lebih terbatas dalam perpindahan gigi dibandingkan dengan mobil manual. Ini bisa membuat pengemudi merasa kurang puas dalam situasi tertentu, seperti saat ingin mengendalikan perpindahan gigi secara manual untuk meningkatkan akselerasi atau menurunkan kecepatan. 

BACA JUGA:Kompresor AC Mobil Rusak, Mungkin Ini Penyebabnya

4. Mengurangi Rasa Berkendara 

Bagi beberapa pengemudi, kendaraan matic dapat memberikan pengalaman berkendara yang kurang "terhubung" dengan mobil karena tidak ada kopling yang ditekan atau gigi yang dipindahkan secara manual. Beberapa orang merasa lebih terhubung dengan mobil saat mereka memiliki kendali langsung atas perpindahan gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: