Pentingnya Public Speaking Bagi Politisi

Pentingnya Public Speaking Bagi Politisi

Penulis: Eceh Trisna Ayuh , Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Public speaking merupakan suatu keterampilan atau seni komunikasi yang dilakukan secara lisan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau pendapat dimuka umum.

Tujuannya untuk menginformasikan , mengajak, mempengaruhi maupun menghibur orang.  Idealnya, bagaimana seorang leader dalam mempresentasikan sesuatu hal dihadapan khalayak hingga nantinya bagaimana khayak memaknainya terutama bagi politisi.

Adanya kepentingan dalam menghadapi kompetisi untuk duduk dalam kursi anggota dewan, public speaking sangat dibutuhkan. Hal itu untuk membentuk citra diri bagi politisi, keterampilan dalam berkomunikasi sebagai wadah untuk menjaga integritas dan konsistensi dalam dunia perpolitikan agar dianggap mumpuni untuk dijadikan perwakilan rakyat dengan membawa salah satu partai.

Kemampuan public speaking yang baik dapat mempersuasi masyarakat agar ide, gagasan dan informasi yang disampaikan sesuai dengan visi dan misi yang sudah dirancang dari awal. Mengapa hal ini menjadi sangat bermanfaat dikarenakan kesan diri pribadi dapat terbentuk dari penyampaian yang dapat meyakinkan seseorang walaupun terkadang hanya sekedar janji-janji. 

BACA JUGA:IPSA Bengkulu Bersama Disdikbud Provinsi Siap Berkolaborasi Tingkatkan Kemampuan Public Speaking Bagi Siswa

Ada beberapa hal yang didapat dari keahlian public speaking bagi politisi:

1. Membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Berbicara di depan umum ternyata bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri, karena dengan berani berbicara di depan banyak orang secara otomatis perasaan minder atau rendah diri yang ada ikut terkikis secara perlahan-lahan. 

Apalagi jika kita terus mengasah kemampuan berbicara di depan umum, niscaya rasa percaya diri yang kita miliki juga akan meningkat menjadi jauh lebih berani dalam mengutarakan pendapat dan perbedaan kepada banyak orang, terutama bagi para politisi yang harus betul-betul menyakinkan orang untuk memilih dalam pemilihan.

2. Mempermudah dalam membangun relasi dan koneksi. 

Skill public speaking nyatanya membawa segudang manfaat yang akan sangat berguna bagi kehidupan, salah satunya ialah mempermudah dalam membangun relasi dan koneksi. Rasa percaya diri yang tinggi akibat kemampuan public speaking akan mempermudah kamu dalam mengajak orang-orang baru untuk berkenalan serta berdiskusi. 

BACA JUGA:20 Mahasiswa Lulus Uji Kompetensi Bidang Public Speaking dan Presentation Skills IPSA Bengkulu

Mudahnya dalam menjalin relasi dengan orang-orang baru ini akan menjaring banyak koneksi baru yang bisa memudahkan kamu dalam berbagai hal yang berhubungan dengan karir dan kehidupan.

3. Memiliki wawasan yang luas dan berpikiran kritis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: