Mandi Es dapat Bantu Redakan Nyeri Otot, Begini Caranya

Mandi Es dapat Bantu Redakan Nyeri Otot, Begini Caranya

Jika ingin mandi es, maka suhu air tidak boleh lebih dari 11,6 derajat Celcius. Namun, jika baru mencobanya untuk pertama kali, maka cobalah dengan air bersuhu 20 derajat Celcius.--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Nyeri otot atau disebut juga myalgia, terjadi saat tubuh mengalami cedera atau kelelahan. Kondisi ini juga bisa terjadi jika otot mengalami peradangan atau adanya infeksi jaringan lunak. Nyeri otot bisa terjadi di satu titik saja atau menyebar ke bagian tubuh lain. Jika Nyeri otot disebabkan oleh cedera, biasanya hanya terasa di sisi yang terdampak. Gejala yang paling sering muncul saat Nyeri otot terjadi, di antaranya:

BACA JUGA:KUR Super Mikro Mandiri 2023, Bunga Murah Hanya 3 Persen Per Tahun

1. Bagian tubuh yang terdampak terlihat bengkak

2. Kemerahan

3. Demam

Pengobatan nyeri otot

Mengatasi nyeri otot bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni mandi es. Berbebeda dengan mandi air hangat, mandi es merupakan perawatan yang cepat. Tidak ada keraguan bahwa beberapa orang merasa sangat lega setelah mandi es.Pasien bisa mendapatkan manfaat fisik, mental, dan fungsional dari terapi dingin semacam ini. Nah, salah satu manfaatnya yakni mengatasi nyeri pada otot. Sensasi dingin dari es menyempitkan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan, serta menghilangkan nyeri di otot.

BACA JUGA:Membanggakan, Pebalap Astra Honda Pastikan Juara Thailand Talent Cup 2023

Cara mandi es untuk redakan nyeri otot

Jika ingin mandi es, maka suhu air tidak boleh lebih dari 11,6 derajat Celcius. Namun, jika baru mencobanya untuk pertama kali, maka cobalah dengan air bersuhu 20 derajat Celcius. Mandi es juga tidak boleh terlalu lama. Durasi terbaiknya yaitu 5-10 menit. Meski bermanfaat meredakan nyeri otot, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena mandi es dapat berdampak negatif bagi sebagian orang, terutama jika mengalami kondisi berikut:

BACA JUGA:Penetapan Penjabat Walikota Didemo, Teuku: Tentu Itu dari Kelompok yang Tidak Terpilih

1. Memiliki penyakit jantung

2. Tekanan darah tinggi

3. Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: