RL Produksi Bibit Kentang

RL Produksi Bibit Kentang

CURUP, BE - Tahun 2013 ini Kabupaten Rejang Lebong (RL) akan segera melakukan produksi bibit kentang sendiri untuk memenuhi kebutuhan bibit para petani lokal. Rencana ini diprogramkan Dinas Pertanian Kabupaten RL menyusul adanya kepastian bantuan screen house (rumah kaca) dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu.

\"InsyaAllah kita akan dapatkan dua unit screen house, lokasi pembangunannya akan dilakukan di Desa Sumber Bening dan Desa Talang Lahat,\" ujar Kepala Dinas Pertanian, Ir Redha Kusmartono.

Dengan adanya fasilitas screen house tersebut, sambung Redha, Kabupaten RL bisa mengembangkan pembibitan kentang. \"Terus terang hingga saat ini kita masih kekurangan untuk penyediaan bibit kentang, dan masih mendatangkan dari luar Kabupaten. Kalau kita produksi sendiri jelas akan lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan petani di RL, keuntungan lain perputaran uang akan beredar di RL,\" tegas Redha.

Pengembangan tanaman kentang, khususnya kentang merah, ditegaskan Redha merupakan produk pertanian unggulan Kabupaten RL. \"Tahun ini kita masih mengembangkan kentang merah, sebanyak 40 hektar di Kecamatan Selupu Rejang dan Sindang Kelingi, serta wortel liling sebanyak 60 hektar di Kecamatan Selupu Rejang dan beberapa kecamatan pendukung,\" ungkap Redha. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: