Xiaomi Bakal Pakai Sistem Operasi Sendiri Bernama "MiOS"

Xiaomi Bakal Pakai Sistem Operasi Sendiri Bernama

Terdengar kabar bahwa MiOS akan menggantikan peran MiUI 15. Namun, ada spekulasi lain yang menyebutkan bahwa MiOS mungkin akan menjadi sistem operasi independen yang mirip dengan Huawei HarmonyOS.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama ini, smartphone besutan Xiaomi menggunakan sistem operasi MiUI berbasis Android. Namun belum lama ini, terdengar kabar yang mengindikasikan sistem tersebut akan segera diganti oleh pihak perusahaan. Kabarnya, MiUI akan segera diganti dengan UI baru dengan nama MiOS. 

BACA JUGA:Cair Lagi Rp800.000 Saldo DANA Gratis Dari Aplikasi StratWealths Com, Apakah Aman dan Terbukti Membayar?

MiOS, Sistem Operasi Perangkat Milik Xiaomi

Kabar kemunculan MiOS ini hadir setelah perusahaan mendaftarakan merek dagang sistem operasi (OS) buatan sendiri yang bernama MiOS di China. Konon katanya, antarmuka MiOS dirancang agar berjalan dengan Android Open Source Project (OSP). Dimana hal tersebut memungkinkan sistem operasi MiOS dapat berjalan di berbagai jenis perangkat. Mulai dari smartphone, tablet, hingga smartwatch. Selain itu, MiOS juga dikatakan dapat digunakan untuk berbagai perangkat teknologi lainnya. 

Terdengar kabar bahwa MiOS akan menggantikan peran MiUI 15. Namun, ada spekulasi lain yang menyebutkan bahwa MiOS mungkin akan menjadi sistem operasi independen yang mirip dengan Huawei HarmonyOS. Sebagai pengingat, HarmonyOS adalah sistem operasi buatan Huawei yang mereka gunakan setelah dilarang menggunakan Android di perangkat mereka.

BACA JUGA:Ini Dia Tiga Pusaka Ampuh dengan Kekuatan yang Abadi

Sementara MiUI telah menjadi antarmuka yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone Android, terutama di Xiaomi dan sub-brand-nya seperti Poco, hal ini terutama karena MiUI menawarkan berbagai pilihan personalisasi dan fitur yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Namun, harus diakui bahwa MiUI juga menerima kritik karena sering menyertakan iklan.

Kehadiran MiOS akan dikabarkan dapat mengurangi ketergantungan Xiaomi terhadap sitem Android milik Google. Selain itu penggunaan MiOS ini juga lebih menguntungkan pihak perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan dapat memiliki lebih banyak akses untuk mengembangkan fitur dan desain antarmuka sendiri.

 BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan Xiaomi tertimpa nasib yang sama seperti Huawei di masa depan, dimana Huawei ditidak lagi bisa bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat termasuk Google. Selain itu, langkah ini dilakukan karena perusahaan ingin mengekspansi produk ke pasar baru termasuk Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri sangat berfokus pada masalah kemanan android yang coba diatasi oleh perusahaan dengan menghadirkan sistem operasi milik sendiri. 

Namun hingga saat ini, masih belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai kehadiran MiOS. Sehingga kapan sitem operasi ini dihadirkan, tujuan dari penggunaan MiOS, dan apakah MiOS akan menggantikan MiUI belum dapat dipastikan secara lebih lanjut. 

BACA JUGA:Mau Beli Paket Nex Parabola Lewat Aplikasi DANA? Bisa Kok, Begini Caranya

Kehadiran MiUI 15

Diluar dari kabar meneganai munculnya MiOS, Xiaomi tengah mengembangakan antarmuka MiUI 15. Meskipun pihak perusahaan berusaha untuk tidak menyebarkan informasi mengenai MiUI 15 ini, namun sudah terdapat bocoran mengenai model perangkat Xiaomi mana saja yang mendapatkan software terbaru ini. Beberapa smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan software ini adalah Xiaomi 13 Series, Xiaomi 12 Series, Redmi Note 12 Series, serta Poco F5 Series.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: