Stress Berat Bisa Memicu Kebotakan pada Pria

Stress Berat Bisa Memicu Kebotakan pada Pria

Ketika usia sudah semakin tua, atau mulai menginjak usia 40 tahun, rambut pria akan menjadi lebih mudah rontok dan laju pertumbuhan rambut pun akan semakin melambat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebotakan atau dalam istilah medis disebut alopecia, menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami pada pria. Kondisi ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri karena berkaitan langsung dengan penampilan seseorang.

Penyebab kebotakan pun beragam, mulai dari faktor keturunan hingga efek samping obat tertentu. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut seperti disadur dari National Institute of Health dan sumber lainnya.

BACA JUGA:Agar Tak Galau Ketika Menghadapi Kesusahan, Amalkan Doa-doa ini

1. Faktor Keturunan

Sebagian besar kasus kebotakan pada pria disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Sebagai contoh, jika Anda memiliki orang tua, paman, atau saudara kandung yang memiliki masalah dengan kebotakan, maka risiko Anda juga mengalami kebotakan akan semakin tinggi.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Didalam tubuh pria, hormon androgen atau hormon seks mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan rambut kepala. Jika Anda mengalami gangguan produksi atau ketidakseimbangan hormon tersebut, maka Anda berpotensi mengalami kebotakan.

BACA JUGA:Begini Ciri-ciri Manusia yang Dijaga Khodam Harimau, Apakah Kamu Termasuk?

3. Stres Berat

Beban pekerjaan yang tinggi menjadi salah satu faktor utama pemicu stres pada pria. Disamping itu, kehilangan anggota keluarga, pasangan, trauma fisik dan psikis, serta penyakit kronis juga turut andil dalam memicu stres. Stres yang tidak ditangani secara tepat bisa berkembang menjadi parah. Salah satu tanda dan gejalanya adalah kerontokan rambut secara cepat hingga menimbulkan kebotakan. 

BACA JUGA:Ini Dia Tiga Pusaka Ampuh dengan Kekuatan yang Abadi

4. Penggunaan Produk Perawatan Rambut Secara Berlebihan

Tak hanya wanita, pria juga sering menggunakan berbagai produk perawatan rambut, seperti bleaching, pewarnaan, atau keramas. Jika perawatan ini dilakukan dengan tepat, maka rambut akan tetap terjaga kesehatannya.

Namun, jika Anda menggunakan produk perawatan secara berlebihan, rambut justru akan semakin menipis. Akibatnya, rambut menjadi rapuh, mudah patah, dan rontok. Seiring berjalannya waktu, kerontokan bisa semakin meluas hingga menimbulkan kebotakan permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: