Cek di Link ini, Berikut 3 Provinsi Penerima Bansos Terbanyak

Cek di Link ini, Berikut 3 Provinsi Penerima Bansos Terbanyak

Lakukan Ini Agar Kamu Terdaftar Sebagai Penerima Bansos-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Adanya puluhan ribu aparatur sipil negara (ASN) sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) akhir-akhir ini menjadi sorotan.

Koordinator Pelaksana Stranas PK, Pahala Nainggolan menyebut data tersebut didapat dari pemadanan data dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Puluhan ribu ASN tersebut harusnya tak boleh menerima bansos.

Stranas PK juga mengungkap ada tiga provinsi dengan ASN penerima bansos terbanyak. Pertama adalah Jawa Barat dengan jumlah 3.539 orang.

Kemudian di posisi kedua adalah Jawa Tengah 3.178. Terakhir adalah Jawa Timur dengan jumlah ASN yang menerima bansos mencapai 2.396 orang.

BACA JUGA:Bansos Cair Lagi Juli-Agustus 2023, Cek Namamu di Sini

Bukan hanya ASN, Stranas PK juga mengungkap ada penerima gaji di atas batas minimal yang menerima bantuan dari pemerintah. Totalnya mencapai 493.000 orang.

Adapun daerah penerima bansos yang sebenarnya punya gaji di atas batas terbesar adalah Jawa Barat mencapai 140.000 orang, Jawa Tengah sekitar 85.000 dan Jawa Timur sekitar 30.000 ribu orang.

Jika digabung antara ASN dan penerima gaji maka ada ratusan miliar rupiah bansos yang tersalur bukan ke target setiap pekan.

“Khusus untuk ASN dan yang penerima upah itu kami estimasi Rp140 miliar per bulan itu sebenarnya enggak tepat kasihnya,” tegas Pahala.

Pahala meminta agar data bansos dari masing-masing daerah bisa diperbaharui dengan tenggat waktu satu bulan ke depan agar kerugian ini tidak lagi terjadi.

BACA JUGA:Reses Roni Tobing, Banyak Warga Kurang Mampu Tak Tersentuh Bansos Melapor

Kemudian, masyarakat juga diminta untuk mengawasi, bisa cek bansos di link cekbansos.kemensos.go.id atau di JAGA.id. supaya bansos tepat sasaran.

"Di sini bisa terlihat orangnya benar-benar layak atau tidak. Kalau tidak bisa dilaporkan ke pemerintah setempat. Soalnya penyakit bansos ini, orang miskin tidak dapat bantuan, orang kaya malah dapat,” jelas Pahala.

Di sisi lain, Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan adanya ASN yang menerima bansos bisa saja terjadi karena adanya perubahan status pekerjaan. Tapi, sayangnya proses tersebut kerap tak terdata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: