Ide Bisnis Penghasil Cuan! Usaha Ternak Ayam Kampung yang Menggiurkan

Ide Bisnis Penghasil Cuan! Usaha Ternak Ayam Kampung yang Menggiurkan

Pemilihan bibit unggul tersebut juga memberikan efek relatif besar dalam perkembangan usaha Anda. Sebab, ayam yang berasal dari bibit unggul biasanya memiliki masa panen lebih cepat.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Usaha ternak ayam kampung membuka peluang yang menjanjikan. Usaha ternak yang menghasilkan banyak untung salah satunya ayam kampung. Untuk itu, bisnis ternak satu ini perlu Anda coba geluti. ayam kampung adalah salah satu jenis ayam yang memiliki banyak peminat. Baik itu daging maupun telurnya. Rasa dari ayam ini lebih sedap dengan tekstur daging yang kenyal.

Melihat dari segi kesehatan, jenis ayam kampung relatif sangat aman untuk Anda konsumsi. Mengingat hal tersebut, tak heran memulai usaha ayam kampung sebagai ladang mata pencaharian menguntungkan.

BACA JUGA:Rezeki Lancar dan Datang Berbondong-bondong, Gus Baha: Amalkan Amalan ini

Meski jumlah pecinta kuliner ayam kampung tak sebanding dengan ayam negeri. Usaha ternak satu ini terbilang menggiurkan. Pada beberapa tahun terakhir, ayam kampung memperoleh posisi tersendiri di kalangan para konsumen ayam.

Seiring dengan berkembangnya opini masyarakat, jika ayam kampung jauh lebih sehat untuk konsumsi. Sebab, memiliki kolesterol yang lebih rendah dari ayam negeri maupun broiler. Selain itu, rasa dari ayam ini juga memiliki tekstur yang keras serta memerlukan waktu memasak lebih lama. Namun ayam kampung ini jauh lebih enak serta bervolume.

BACA JUGA:Bikin Geger Jagat! Dua Weton yang Ditakdirkan Punya Banyak Istri

Meningkatnya akan kesadaran masyarakat mengenai pola hidup sehat. Hal tersebut turut berimbas terhadap peningkatan konsumsi ayam kampung. Sehingga saat ini permintaan ayam kampung menjadi meningkat, baik daging dan juga telurnya.

Tentunya akan menciptakan peluang baru usaha ayam kampung. Mungkin saat ini Anda memiliki ketertarikan untuk menjalankan usaha ayam ini. Adapun beberapa tips untuk memulai menjalankan usaha ternak ayam kampung, sebagai berikut.

1. Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Kunci sukses dalam menjalankan usaha ayam kampung, yakni penentuan waktu memulai. Sebab, penentuan waktu bisa Anda perlu mempertimbangkan lamanya tahap pembiakan.  Sehingga bisa memprediksi saat harga ayam akan naik. Biasanya panen akan terjadi sebelum serta setelah libur Idul Fitri. Jika waktu panen pada momentum tersebut, maka bisa memulai ternak sekitar 4 bulan sebelumnya.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Ban Mobil Botak Sebelah

Pada perhitungan tersebut, hampir bisa memastikan bahwa peternak yang mendapatkan keuntungan terbaik. Biasanya pada saat Idul Adha harga ayam akan mengalami penurunan. Sehingga Anda perlu menghindari panen saat Idul Adha.

2. Perhatikan Pemilihan Bibit Unggul

Saat Anda akan membeli bibit untuk usaha ternak ayam kampung, akan lebih baik meneliti terlebih dahulu. Ketahui indukkan dan ayam jantan yang mengawininya. Sehingga mendapatkan bibit ayam yang sesuai dan tepat. Pemilihan bibit unggul tersebut juga memberikan efek relatif besar dalam perkembangan usaha Anda. Sebab, ayam yang berasal dari bibit unggul biasanya memiliki masa panen lebih cepat. Selain itu, memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Dengan demikian, modal untuk membuka usaha akan segera tergantikan dengan menjalankan ayam kampung ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: