Benarkah Gula Pasir Lebih Berbahaya Daripada MSG?

Benarkah Gula Pasir Lebih Berbahaya Daripada MSG?

gula pasir cenderung lebih berbahaya daripada MSG jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kita sering sekali mendengar tentang makanan dan bahan-bahan yang ada di dalamnya. Salah satu perbincangan yang mungkin pernah kamu dengar adalah tentang gula pasir dan MSG. Apakah kamu penasaran mana yang lebih berbahaya di antara keduanya? Mari kita bahas lebih lanjut!

BACA JUGA:Ini 10 Kampung Bebas Narkoba di Bengkulu

Gula Pasir

Gula pasir adalah bahan manis yang sering kita tambahkan ke makanan atau minuman untuk membuatnya lebih enak. Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula pasir bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Konsumsi gula pasir yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan, kerusakan gigi, dan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari makan terlalu banyak makanan yang mengandung gula tambahan.

BACA JUGA:Bakal Kaya Raya dari Jalur Langit, Amalkan Amalkan Sholawat Jibril Penarik Rezeki dari Segala Arah

MSG (Monosodium Glutamat)

MSG adalah bahan tambahan makanan yang sering digunakan untuk memberi rasa lebih pada makanan, terutama makanan Asia. Sebenarnya, MSG adalah bentuk garam dari asam glutamat yang juga ditemukan secara alami dalam makanan seperti tomat dan keju.

Banyak orang menganggap MSG sebagai penyebab masalah kesehatan seperti sakit kepala atau alergi, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa reaksi negatif terhadap MSG yang dikenal sebagai "Sindrom Ketagihan Makanan Cina" sebenarnya sangat jarang terjadi.

BACA JUGA:Ini Dia Deretan HP Realme Dolby Atmos, Menikmati Sensasi Bermusik Lebih Menyenangkan

Jadi, mana yang lebih berbahaya? 

Berdasarkan informasi yang dilansir dari mayoclinic dan infotoss, tampaknya gula pasir bisa lebih berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Terlalu banyak gula pasir dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti diabetes dan obesitas. Di sisi lain, MSG sebenarnya dianggap aman untuk sebagian besar orang, meskipun beberapa orang mungkin mengalami reaksi negatif dalam jumlah yang sangat jarang.

Keseimbangan dan variasi adalah kunci dalam makanan kita. Terlalu banyak mengonsumsi gula pasir atau MSG tidak baik untuk tubuh kita. Sebaiknya kita mencoba menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula tambahan dan tetap mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan nutrisi.

 BACA JUGA:Daya Tarik Wanita Pemilik Weton Ini Paling Besar, Dikenal Penyayang dan Pintar!

Jadi, gula pasir cenderung lebih berbahaya daripada MSG jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Meskipun MSG sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, sebenarnya risikonya lebih rendah daripada yang kita kira. Yang terbaik adalah mengonsumsi makanan dengan bijak dan memilih makanan yang sehat serta seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh kita.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: