Penguatan Kompetensi Dosen dan Tendik, Fisip Unib Gandeng LPK Pabrik Cerdas Comm IT Riau

Penguatan Kompetensi Dosen dan Tendik, Fisip Unib Gandeng LPK Pabrik  Cerdas Comm IT Riau

Fisip Unib jalin kerjasama dengan Lpk Pabrik Cerdas Coomit, Riau-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka pemenuhan IKU Lulusan Bersertifikat Kompetensi serta bagi tujuan penguatan kompetensi dosen dan tenaga pendidik (tendik), Dekan Fisip Universitas Bengkulu (Unib) Dr. Dra. Yunilisiah, M.Si didampingi Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Dr. Lisa Adhrianti, M. Si melakukan pembahasan dan penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Kompetensi (LPK) Pabrik Cerdas Comm IT Pekanbaru, Riau yang dipimpin oleh Direktur Utama Anita Mediana, SE, MM.

Pembahasan dan penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Kompetensi (LPK) Pabrik Cerdas Comm IT Pekanbaru Riau ini berlangsung selama 2 hari sejak 30-31 Agustus 2023 kemarin.

Dekan Fisip Universitas Bengkulu, Yunilisiah mengungkapkan, skema kompetensi yang  diupayakan adalah untuk bidang communication skill yang meliputi operator komputer, desain grafis, video editing, digital marketing, komputer jaringan, animasi, dan multimedia.

BACA JUGA:Mendikbud Bakal Hapus Skripsi Sebagai Syarat Lulus Perguruan Tinggi?

Ditambah lagi dengan kompetensi layanan data terpadu, layanan administrasi terpadu, serta kewirausahaan.

Tak hanya itu, masih kata Yunilisiah,  pemenuhan IKU lulusan bersertifikat kompetensi merupakan tantangan yang wajib diupayakan oleh Fisip karena dapat memberikan multi output yaitu selain bagi personal lulusan/mahasiswa juga bagi institusi Universitas, Fakultas dan juga daerah Bengkulu.

"Kompetensi merupakan tolak ukur keahlian spesifik yang teruji untuk siap diaplikasikan di masyarakat, sehingga capaian IKU tersebut harus diupayakan dapat memenuhi target,”  ujar Dekan Fisip Unib ini

BACA JUGA:Kolokium Internasional, Fisip Unib Lawatan ke Universiti Malaysia Terengganu, Paparkan Hasil Penilaian

Sementara itu Wakil Dekan bidang Sumber Daya dan Kerjasama Fisip Unib,  Lisa Adhrianti menambahkan, upaya pemenuhan kompetensi diharapkan juga dapat menyasar untuk dosen dan tendik di Fisip sehingga dapat memperkuat pembangunan Zona Integritas yang diharapkan mampu menghasilkan sumber daya internal yang kompeten di bidangnya. 

"Skema kompetensi akan disesuaikan dengan kebutuhan Fisip bukan hanya untuk capaian lulusan namun juga untuk dosen dan tendik,” papar Lisa.

Diketahui, kerjasama dengan LPK Pabrik Cerdas Comm IT Pekanbaru, Riau merupakan hasil rekomendasi dan inisiasi dari mitra kerjasama Fisip Unib yaitu Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Riau (Unri). 

LPK Pabrik Cerdas Comm IT merupakan mitra Unri yang telah banyak memberikan kompetensi bagi berbagai kalangan masyarakat termasuk mahasiswa, dosen dan tendik dalam bidang keahlian komunikasi dan pelayanan administrasi. 

Direktur LPK Pabrik Cerdas Comm IT, Anita Mediana menyatakan optimisme bahwa kegiatan kerjasama ini ke depan dapat membuka peluang bagi lulusan dan sumberdaya yang kompeten. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: