Ini Dia Waktu Terbaik dan Adab Memotong Kuku

 Ini Dia Waktu Terbaik dan Adab Memotong Kuku

Mengikuti sunnah Rasulullah dalam ajaran agama Islam sebagai suri tauladan tentu saja bisa mendatangkan pahala dan keberkahan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Adab memotong kuku menjadi salah satu hal penting yang perlu umat muslim ketahui. Memotong kuku memang tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan karena ada Adab tersendiri. Adab ini tertuang secara jelas dalam ajaran Islam.

Islam adalah agama yang jadi pedoman berbagai hal, tak terkecuali seputar memotong kuku. Baik itu kuku tangan maupun kuku kaki. Perlu untuk Anda ketahui bahwa adab ini termasuk salah satu upaya dalam menjaga kebersihan. Hal ini terlihat pada hadits berikut.

BACA JUGA:Gampang Banget Nih! Saldo DANA Gratis Rp500.000 Langsung Cair ke Dompet Digital DANA, Gopay atau OVO

Tidak hanya menjaga kebersihan, potong kuku juga termasuk fitrah bagi manusia. Lihat saja penjelasannya pada hadits di bawah ini. Sementara untuk adabnya, sebenarnya ada penjelasan dari sejumlah ulama. Berikut beberapa diantaranya.

Imam Nawawi menyebutkan bahwa mulainya dari jari telunjuk hingga kelingking tangan kanan. Lalu ibu jari tangan kanan. Setelah itu, jari kelingking kiri hingga ibu jari kiri.

Sedangkan adab memotong kuku menurut Imam Al Ghazali mulai dari jari telunjuk kanan sampai kelingking kanan. Kemudian kelingking kiri hingga ibu jari kiri. Baru setelah itu, ibu jari kanan.

BACA JUGA:AYO GERCEP! Klaim Dana Kaget Hari Ini 31 Agustus 2023, Ada Saldo DANA Gratis Rp70.000

Ada juga pendapat ulama lain yang menyebut bahwa potong kuku tangan kanan mulai dari jari kelingking, tengah, ibu jari, jari manis, dan telunjuk. Lalu untuk tangan kiri mulainya dari ibu jari, tengah, kelingking, telunjuk, dan jari manis.

Dari ketiga pendapat ulama besar tersebut, penjelasan dari Imam Nawawi lebih kuat. Sementara untuk adab memotong kuku kaki, awali dari kelingking kanan sampai kelingking kiri.

BACA JUGA:Barang Dipesan Tak Sesuai, Begini Cara Mudah Retur Barang di TikTok Shop

Jangan Memanjangkan Kuku

Berkaitan dengan adab memotong kuku, sebenarnya ada larangan untuk tidak memanjangkan atau memeliharanya dengan sengaja. Dalam hal ini, Islam tak memperbolehkan umat muslim untuk memanjangkan kuku lebih dari 40 hari sebagaimana hadits berikut.

Hari Baik Potong Kuku

Sebenarnya semua hari itu baik, namun ada beberapa hari yang jadi waktu terbaik untuk potong kuku. Adapun salah satu hari tersebut yakni Jumat. Lebih tepatnya ketika ingin pergi sholat Jumat. Potong kuku di hari Jumat bisa mendatangkan sifat santun dan menambah ilmu. Selain itu, bisa juga potong kuku saat hari Senin dan Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: