Bisa Memicu Ambeien! Bahaya Mengejan Terlalu Kuat saat BAB

Bisa Memicu Ambeien! Bahaya Mengejan Terlalu Kuat saat BAB

Aktivitas Mengejan terlalu kuat saat BAB tak hanya berdampak bagi anus, tapi juga rektum.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ketika mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB), Anda mungkin akan mengejan lebih kuat agar feses segera keluar. Namun, berhati-hatilah karena aktivitas mengejan yang terlalu kuat saat BAB bisa menimbulkan berbagai macam masalah pada saluran pencernaan.  Berikut empat bahaya mengejan terlalu kuat saat BAB yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Gara-gara Kardus Mencurigakan yang Hebohkan Warga Bengkulu, Pelaku Penipuan Ini akhirnya Ditangkap

1. Fisura Ani

Fisura ani merupakan kondisi robeknya dinding dalam anus akibat peregangan secara berlebihan. Kondisi ini biasanya dipicu oleh feses yang keras sehingga sulit dikeluarkan atau akibat BAB secara terus-menerus. 

Seseorang yang mengalami fisura ani bisanya akan merasakan sakit saat BAB, muncul bercak darah pada feses atau dinding anus, serta adanya benjolan kecil di anus.

BACA JUGA:Oknum Mahasiswa di Bengkulu Ditangkap Usai Petakan Narkoba di Pinggir Jalan

2. Ambeien

Tekanan yang berlebih saat mengejan akan membuat pembuluh vena di sekitar anus dan rektum bagian bawah meregang. Seiring berjalannya waktu, pembuluh vena bisa mengalami pemembesaran, pembengkakan, dan berkembang menjadi wasir (ambeien). Selain mengejan terlalu keras, kebiasaan menunda waktu BAB, dan duduk terlalu lama juga bisa memicu terjadinya ambeien.

BACA JUGA:TERBUKTI MEMBAYAR! 17 Game Penghasil Saldo DANA dan OVO Terbaru, Langsung Cair ke Dompet Digital

3. Kebocoran Feses dan Urine

Kebiasaan mengejan terlalu keras juga dapat membuat otot-otot yang mengatur pengeluaran urine dan feses menjadi lemah. Akibatnya, otot-otot tersebut tidak mampu bekerja dengan efektif dan meningkatkan risiko kebocoran urine dan feses.

Disamping itu, feses keras yang menumpuk di rektum juga berpotensi menekan kandung kemih dan memengaruhi fungsinya. Dampaknya, Anda akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi karena merasa sering buang air kecil.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengaktifkan DANA Paylater, Bisa Dipakai dalam Keadaan Sulit

4. Prolaps Rektum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: