Tips Jitu Menentukan Pilihan Warna Cat yang Tepat untuk Rumahmu

Tips Jitu Menentukan Pilihan Warna Cat yang Tepat untuk Rumahmu

Menggunakan banyak warna dalam satu rumah bisa menciptkan dimensi yang sangat dibutuhkan oleh setiap rumah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memilih warna rumah itu ibarat memilih warna pakaian. Pasti banyak warna yang kita sukai, tapi tentu kita tidak bisa menggunakan semua warna tersebut sekaligus pada tubuh kita. Sama halnya dengan memilih warna cat rumah.

Ketika melihat banyaknya pilihan warna pada color palette, ingin rasanya menggunakan semua warna tersebut, atau mungkin malah bingung rasanya memilih mana warna yang tepat. Meskipun pada dasarnya pemilihan warna sebagian besar didasari oleh selera, tapi tetap ada pedoman yang bisa dilakukan untuk memperoleh warna cat rumah yang bagus dan cerah.

BACA JUGA:Saham Jerman Ditutup di Zona Hijau, 37 Saham Raih Keuntungan

Para pakar interior desain menyebutkan bahwa hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih warna cat rumah adalah melihat kondisi sekitar rumah. Dimana kah Anda tinggal, dan bagaimana suasana lingkungan tempat tinggal Anda. Jika Anda hidup di perkotaan yang padat, tentu Anda menginginkan cat warna yang cenderung terang agar terlihat lebih lapang.

Hal lainnya yang harus diperhatikan juga tentang menentukan undertone  atau warna dasar. Jika Anda menginginkan warna cat rumah yang sejuk, Anda bisa memilih warna dasar yang dengan temperatur yang dingin seperti biru langit yang terang. Pastikan warna lainnya masih seirama dengan undertone tersebut.

BACA JUGA:Tambahan Belanja Saldo DANA Rp100.000! Klaim Link DANA Kaget Hari Ini 29 Agustus 2023

Tonjolkan warna yang Anda sukai

Kalau Anda baru akan membangun rumah, Anda bisa langsung menentukan satu warna utama yang paling Anda sukai dan jadikan warna tersebut acuan untuk mewarnai rumah Anda. Pilih warna cat rumah lainnya dengan undertone yang sama sebagai pelengkap agar cocok dengan warna utama tadi. Misalnya saja, kalau Anda sudah memutuskan untuk memilih warna biru dengan undertone warna merah, gunakan warna lainnya yang juga memiliki undertone warna merah. Jangan pilih warna pelengkap yang bertabrakan. 

BACA JUGA: Dolar AS Melemah Terhadap Yen, Penyebabnya ini

Kembali ke warna netral

Kalau bingung menentukan warna cat rumah yang tepat, Anda selalu bisa memilih warna netral sebagai opsi yang paling aman dan mudah diaplikasikan. Sebagian besar orang cenderung bisa menerima atau menolerir warna netral. Selain mudah disukai, ibaratnya warna netral ini bisa menghubungkan banyak warna di rumah Anda. Misalnya saja, warna netral pada daun pintu, bingkai jendela, maupun pada lis plafon bisa membantu mengkoneksikan ruang. Warna netral juga digunakan pada ruang peraligan di antara ruangan yang bercat warna saling bertabrakan agar transisi suasana tidak terlalu kontras.

BACA JUGA:Menikmati Hangatnya Sirup Pokak, Minuman Herbal Khas Kota Probolinggo

Samakan temperatur warna

Salah satu aturan yang terpenting dalam mengkombinasikan warna cat rumah adalah menyamakan temperatur warna. Anda mungkin masih bisa mengkombinasikan beragam warna dengan undertone yang berbeda seperti yang ada pada rumah bergaya eklektik misalnya. Tapi Anda tidak bisa mengkombinasikan warna dengan temperatur yang berbeda. Temperatur warna terdiri dari warna dingin dan hangat. Keduanya sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana dan mood dalam ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: