Pemkab Mukomuko Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana

Pemkab Mukomuko Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana

Siap Siaga Bencana-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan pelatihan kesiapsiagaan terhadap bencana kepada masyarakat Kabupaten Mukomuko khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Air Dikit.

Kegiatan pelatihan ini digelar di SMPN 14 Mukomuko yang terletak di Kecamatan Air Dikit, Kamis (24/8).

Acara ini dibuka langsung oleh Asisten I Setdakab Mukomuko, Haryanto, S.KM dan dihadiri Camat Air Dikit, Iskameri dan tamu undangan lainnya. 

Kepala Badan Pengganggu Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi, ST.MT mengatakan bahwa pelatihan kesiapsiagaan terhadap bencana yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan masyarakat dalam penaggulangan bencana. 

Kemudian memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan resiko tentang bahaya bencana dan mengurangi jumlah korban bila bencana alam terjadi.

"Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari pelajar, guru, aparatur desa se-Kecamatan Air Dikit serta aparatur BPBD Mukomuko,"terangnya.

BACA JUGA:Pesta Rakyat PWI Mukomuko 'Pecah', Ribuan Pengunjung Padati Pantai Pandan Wangi


Pemkab Mukomuko Siaga Bencana-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dikatakan Ruri bahwa Kabupaten Mukomuko merupakan sebuah kawasan yang berada di pesisir pantai lebih kurang 150 Km, ini di lengkapi dengan sungai-sungai di wilayah kecamatan yang berjumlah 15 kecamatan, sehingga mengakibatkan berpotensi di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Mukomuko rawan terjadinya bencana banjir, bencana tanah longsor dan ambles, abrasi,gempa bumi dan tsunami serta kebakaran hutan. 


Siap siaga bencana-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

"Penanganannya tidak hanya pada tanggap darurat tapi juga pengurangan resiko. Kegiatan ini digelar guna mengantisipasi kesiapan masyarakat ketika datang bencana sehingga akan mengurangi resiko bencana. secara sukarela dan ikhlas apabila terjadi bencana," ucapnya.

Ditambahkan Ruri, bahwa penaggulangan bencana alam bukan hanya tugas dari pemerintah daerah , TNI Polri, Basarnas maupun instansi terkait. Namun kita harus menyadari bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Mukomuko, termasuk kalangan dunia usaha dan juga media.

BACA JUGA:Bujang Gadih Mukomuko Bakal Meriahkan Pesta Rakyat PWI di Pantai Pandan Wangi


-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: