Ini Dia Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ini Dia Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bagi Anda yang sedang stres akibat tekanan pekerjaan atau hal lainnya, cobalah menggunakan bunga melati untuk bantu meredakannya. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bunga melati atau dalam nama ilmiah disebut Jasminum, merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki aroma harum menyengat berkat kandungan minyak atsiri dan senyawa aromatik di dalamnya. Bunga ini juga sering ditemukan dalam ritual adat karena identik dengan hal-hal mistis.

Tak hanya itu, sebagian masyarakat kita menggunakan bunga melati sebagai media pengobatan herbal yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Tidak Bisa Transfer Saldo LinkAja ke Bank, Mungkin Hal Ini Jadi Penyebabnya, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Pasalnya, bunga melati memiliki kandungan fitokimia alami berupa katekin, polifenol, dan flavonoid yang telah teruji secara ilmiah. Lantas, seperti apa manfaat yang ditawarkan oleh bunga melati bagi kesehatan? Berikut empat diantaranya.

1. Bantu Cegah Kanker

Kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol pada bunga melati memiliki peranan penting dalam mencegah kanker. Sebab, antioksidan tersebut akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas pemicu kanker, terutama polusi udara.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah, Anda cukup membeli bunga melati yang telah diolah menjadi teh herbal dan dikonsumsi secara berkala, setiap satu atau dua kali per minggu sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Akun DANA Anda Tidak Bisa Transfer? 5 Hal Ini Penyebabnya, Berikut Cara Praktis Mengatasinya

2. Bantu Jaga Kesehatan Mulut

Bunga melati memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mulut dari infeksi bakteri. Pasalnya, senyawa fitokimia alami berupa katekin memiliki efek antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan Streptococcus mutans sebagai bakteri pembentuk plak dan gigi berlubang.

Meski begitu, penggunaan melati untuk menjaga kesehatan mulut harus dibarengi dengan kebiasaan baik lainnya, seperti menyikat gigi minimal 2 kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Setelah itu, barulah Anda menggunakan air rebusan bunga melati sebagai obat kumur.

BACA JUGA:Begini Cara Ampuh Menghilangkan Cat Rambut dengan Soda Kue

3. Bantu Atasi Stres dan Depresi

Bagi Anda yang sedang stres akibat tekanan pekerjaan atau hal lainnya, cobalah menggunakan bunga melati untuk bantu meredakannya. Sebab, bunga melati mengandung senyawa aromatik berupa benzil alkohol, linalool, dan indole yang mampu menenangkan saraf dengan baik. Alhasil, gejala stres ataupun depresi bisa mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: