Banyak PNS Malas

Banyak PNS Malas

\"1\"MUKOMUKO,BE – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) membeberkan hasil inpeksi mendadak (sidak) yang dilakukan pada hari Senin (11/3) dan Rabu (13/3) lalu. Dari 1.186 PNS yang disidak, tingkat kehadiran hanya mencapai 61,6 persen dan selebihnya tanpa keterangan atau bolos.

Untuk eselon II dari 25 orang yang hadir 80 persen, eselon III dari 149 orang kehadiran 58,4 persen, eselon IV dari 255 orang yang hadir 52,5 persen dan staf dari 757 orang yang hadir cuma 64,6 persen.

Demikian Kepala BKPPD Kabupaten, Drs H Ruslan MPd dan Sekretaris, Seri Utami. Banyaknya PNS yang membolos itu menunjukan tingkat disiplin pegawai masih sangat rendah.

Untuk menindak lanjuti temuan itu berdasarkan PP Nomor 53 tahun 2010 pihaknya menyerahkan terlebih dahulu kepada Kepala SKPD terkait untuk memberikan teguran pertama kepada para bawahannya yang hasilnya ditembuskan kepada BKPPD.

Sedangkan pejabat eselon II yang tanpa keterangan akan ditegur langsung oleh Sekda. \"Wajib hukumnya Kepala SKPD memberikankan surat teguran kepada para bawahannya dan tembusan disampaikan ke BKPPD,\" tegasnya.

Yang baru diketahui itu sebatas absensi , belum lagi tingkat kinerja para PNS. Untuk meningkatkan disiplin dan kinerja PNS pihaknya membentuk tim. Tim itu  akan melakukan sidak  secara rutin.

Tak hanya saat menjelang dan sesudah libur melainkan setiap hari dan jam yang berbeda. \"Nantinya akan diketahui siapa saja PNS yang malas. Sidak rutin tidak menggunakan absen dari SKPD melainkan absensi dari BKPPD,\" tukasnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: