Bukan Cuma Makanan Berlemak, Ini Dia 5 Penyebab Kolesterol Tinggi!

Bukan Cuma Makanan Berlemak, Ini Dia 5 Penyebab Kolesterol Tinggi!

Ketika seseorang menginjak usia 45 hingga 55 tahun, kemampuan metabolisme serta fungsi organ mulai mengalami penurunan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak yang berperan penting dalam tubuh. Mulai dari pembentukan hormon seks, membran sel, vitamin D, serta menjaga fungsi otak. Kolesterol disintetis secara alami oleh tubuh. Organ yang bertanggung jawab dalam proses tersebut adalah hati atau liver. 

Selain dihasilkan secara alami oleh tubuh, kolesterol juga bisa diperoleh dari asupan lemak hewani, seperti daging, jeroan, telur, ikan, ayam, susu, mentega, atau margarin. Oleh sebab itu, konsumsi makanan dengan kadar lemak hewani tinggi secara berlebihan, bisa meningkatkan kadar kolesterol didalam tubuh.

BACA JUGA:Pilihan Wuling Air ev Kini Makin Lengkap, Antiboncos! 

Meski begitu, konsumsi makanan tinggi lemak hanya menjadi salah satu penyebab meningkatnya kolesterol di dalam tubuh. Ada beberapa penyebab lain yang perlu Anda ketahui sebagai bentuk pencegahan dari munculnya penyakit akibat kadar kolesterol yang tinggi. Berikut lima di antaranya.

1. Usia

Ketika seseorang menginjak usia 45 hingga 55 tahun, kemampuan metabolisme serta fungsi organ mulai mengalami penurunan. Kondisi ini membuat kadar kolesterol bisa meningkat secara siginifikan, apalagi jika tidak diiringi dengan gaya hidup sehat.

BACA JUGA:Begini Kriteria Pj Walikota Bengkulu yang Diinginkan Helmi Hasan Sebagai Pengganti Dirinya

2. Tingkat Pengetahuan

Seseorang yang memiliki tingkat pengetahuan rendah akan pemilihan jenis makanan yang baik, biasanya lebih rentan mengalami hiperkolesterolemia. Pasalnya, makanan berlemak jenuh menjadi penyebab utama dari penyakit tersebut. Maka, penting bagi setiap orang untuk mengetahui serta mengikuti anjuran pola makan dengan gizi seimbang. 

3. Malas Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara ampuh untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Sebab, berbagai gerakan dalam olahraga bisa membakar kalori dalam jumlah yang tinggi. Alhasil, penumpukan lemak dan kolesterol bisa diminimalisir dengan baik.Bahkan, Kementerian Kesehatan RI juga menganjurkan kepada setiap orang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit per hari. 

BACA JUGA:Cerita Fatmawati Bertajuk 'Jejak Merah Putih' Akan Taya Film Layar Lebar

4. Konsumsi Alkohol

Tak hanya kandungan gulanya yang tinggi, minuman beralkohol juga bisa meningkatkan kadar kolesterol tinggi karena menghambat kerja organ hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: