Biar Tidak Menyesal, Begini Cara Menghitung Weton Jodoh untuk Pernikahan

Biar Tidak Menyesal, Begini Cara Menghitung Weton Jodoh untuk Pernikahan

Dalam menghitung weton pasangan, ada dua hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah hari kelahiran calon pengantin dan yang kedua adalah pasarannya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Artikel kali ini akan membahasa mengenai penjelasan  cara menghitung weton jodoh untuk pernikahan yang kadang dijadikan pertimbangan beberapa orang. Perhitungan weton jodoh adalah salah satu tradisi atau kepercayaan yang masih dipegang oleh beberapa masyarakat di Indonesia, terutama yang memiliki latar belakang budaya Jawa.

Weton jodoh merupakan metode untuk menentukan kesesuaian dua individu berdasarkan kombinasi hari dan pasaran kelahiran mereka. 

BACA JUGA:Terpidana Kasus Korupsi, Okti Fitriani Diberhentikan Partai Gerindra dan DI-PAW dari DPRD Seluma

Selain itu, kita juga akan membahas konsep dasar dalam perhitungan weton jodoh, seperti hari kelahiran, pasaran, dan elemen-elemen yang terkait dengan masing-masing weton. Meski begitu, perlu diingat bahwa weton jodoh tidaklah mutlak dalam menentukan keberhasilan pernikahan.

Pemahaman tentang weton jodoh sebatas mampu memberikan wawasan tentang budaya dan tradisi yang dianut di Indonesia, serta menjadi pertimbangan dalam memahami pandangan masyarakat terkait pernikahan dan hubungan antar individu.

Maka, sebatas untuk tahu lebih jauh, simak penjelasan mengenai cara menghitung weton jodoh untuk pernikahan berikut ini.

BACA JUGA:GIIAS 2023, Hino Luncurkan 2 Bus 4x4; Bus Pertama Yang Memiliki Speksifikasi 4x4

1. Hitungan Weton Jawa untuk Calon Pengantin

Memilih pasangan bukan suatu hal yang mudah. Hal ini karena pernikahan sebaiknya dilakukan sekali seumur hidup. Hal ini juga yang membuat masyarakat Jawa mempunyai hitungan Jawa yang harus dipenuhi dalam memilih pasangan, yang biasa disebut weton.

Dalam menghitung weton pasangan, ada dua hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah hari kelahiran calon pengantin dan yang kedua adalah pasarannya. Hari kelahiran dan pasaran memiliki angkanya masing-masing yang harus dijumlahkan. Angka tersebut biasa disebut neptu.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di OVO Terbaru 2023, Mudah dan Langsung Cair

Hasil penjumlahan neptu nantinya akan merujuk kembali kepada primbon yang akan menentukan apakah masa depan kedua calon pengantin akan baik atau tidak berdasarkan hitungan Jawa.

Berikut neptu yang bisa digunakan dalam menghitung weton calon pengantin:

Hari lahir:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: