Bisa Bahaya! Jenis Obat Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh

Bisa Bahaya! Jenis Obat Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh

kafein pada teh bisa mengurangi efektivitas obat dan menghambat penyerapan obat dalam tubuh--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada umumnya, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi obat dengan air putih. Sebab, air putih tergolong netral dan tidak mengandung zat yang bisa menghambat efektivitas obat. Meski begitu, adakalanya seseorang mengonsumsi obat bersamaan dengan teh manis untuk mengurangi rasa pahit dari obat tersebut.

Padahal teh mengandung kafein dalam kadar relatif tinggi yang dapat menganggu penyerapan obat, efektivitas, hingga menimbulkan efek samping yang merugikan. 

BACA JUGA:Coba Aplikasi Penghasil Uang ClipClaps! Rezeki Instan Rp150.000 Tiap Hari

Nah, diartikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi dengan teh. Berikut enam diantaranya.

1. Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik, seperti enoxacin dan ciprofloxacin, berpotensi menghambat proses metabolisme kafein. Itu berarti kafein yang dikonsumsi akan lebih lama dikeluarkan oleh tubuh jika Anda mengonsumsi antibiotik tersebut bersamaan dengan teh.

Tak hanya itu, konsumsi teh dengan antibiotik juga bisa meningkatkan risiko efek samping, seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung, hingga kecemasan.

BACA JUGA:Gak Harus Rekening Bank, Berikut Ini Aplikasi Pinjol Yang Bisa Cairkan Pinjaman Langsung ke E-Wallet

2. Ephedrine

Ephedrine merupakan jenis obat dengan efek bronkodilator dan dekongestan yang berfungsi untuk melegakan pernapasan pada kondisi sesak napas dan hidung tersumbat.

Mengonsumsi ephedrine dengan teh sangat tidak dianjurkan, karena kafein dan ephedrine merupakan zat stimulan yang dapat meningkatkan kerja sistem saraf. Jika kedua zat ini dikonsumsi secara bersamaan, akan muncul efek samping yang serius, seperti gangguan jantung.

BACA JUGA:Kiat Berdagang Hingga Jadi Pengusaha Sukses Ala Rasulullah, Berikut Penjelaskan Ustadz Abdul Somad

3. Obat Asma

Sama halnya dengan epehedrine, obat asma jenis bronkodilator tidak juga disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan teh. Karena dapat meningkatkan risiko efek samping berupa perasaan gugup dan peningkatan detak jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: