Keseringan Pakai Koyo? Ini Dia Efek Samping Penggunaannya

Keseringan Pakai Koyo? Ini Dia Efek Samping Penggunaannya

Dalam situasi ekstrem, bekas tempelan koyo dapat menyebabkan ruam atau dermatitis kontak pada kulit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Koyo adalah salah satu alternatif yang populer untuk meredakan nyeri. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan Koyo juga dapat menimbulkan beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa dampak negatif yang mungkin timbul akibat penggunaan Koyo.

BACA JUGA:Gak Harus Rekening Bank, Berikut Ini Aplikasi Pinjol Yang Bisa Cairkan Pinjaman Langsung ke E-Wallet

1. Iritasi Kulit

Salah satu efek samping yang sering terjadi ketika menggunakan koyo adalah iritasi kulit. Setelah menempelkan koyo, kamu mungkin akan mengalami kemerahan pada kulit di area tersebut dan merasa gatal. Reaksi ini bisa disebabkan oleh alergi terhadap zat kimia dalam koyo. Apabila kamu mengalami iritasi kulit akibat koyo, sebaiknya segera lepaskan koyo dengan hati-hati dari area tersebut.

2. Ruam dan Dermatitis Kontak

Dalam situasi ekstrem, bekas tempelan koyo dapat menyebabkan ruam atau dermatitis kontak pada kulit. Gejala yang mungkin timbul termasuk kulit kering, mengelupas, gatal, atau perih. Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada individu dengan kulit sensitif, sehingga penggunaan koyo tidak disarankan untuk anak-anak di bawah 12 tahun atau bayi. Pastikan untuk tidak menggunakan koyo pada area yang sama lebih dari 3 kali sehari. Selain itu segera lepaskan koyo setelah digunakan selama 8 jam.

BACA JUGA:Kiat Berdagang Hingga Jadi Pengusaha Sukses Ala Rasulullah, Berikut Penjelaskan Ustadz Abdul Somad

3. Melepuh

Apabila reaksi alergi semakin parah, kulit yang terkena koyo dapat melepuh, yang tentu saja akan sangat tidak nyaman saat beraktivitas. Jika hal ini terjadi, lepaskan koyo perlahan dan berikan kompres dingin di area yang melepuh. Jika kondisi tidak membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Flu dan Batuk

Salah satu efek alergi dari koyo adalah flu dan batuk. Ini dapat terjadi jika tanpa sengaja kamu menghirup obat-obatan yang terkandung dalam koyo. Oleh karena itu, ketika menggunakan koyo, pastikan untuk menjauhkannya dari mata, hidung, dan mulut agar menghindari efek samping ini.

BACA JUGA:Kredit Express Panin Bank, Pinjaman Tanpa Agunan Limit Hingga Rp300 Juta Bunga Ringan 0,79% Flat

Koyo merupakan pilihan yang populer untuk meredakan nyeri. Namun, kamu harus waspada terhadap efek samping yang mungkin terjadi. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan koyo dan jika kamu mengalami iritasi, ruam, atau reaksi tidak nyaman lainnya, segera lepaskan koyo tersebut. Jaga kesehatan kulitmu agar penggunaan koyo tetap nyaman dan bermanfaat bagi tubuhmu.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: