Kamu Shio Apa? Ini Urutan 12 Shio Beserta Tanggal Lahir dan Karakternya

Kamu Shio Apa? Ini Urutan 12 Shio Beserta Tanggal Lahir dan Karakternya

shio--

Namun, perintahnya ternyata tidak dihiraukan oleh sebagian besar binatang. Hanya ada 12 binatang yang datang memenuhi undangan tersebut.

Pertama-tama, datanglah binatang tikus beserta rombongannya, kemudian disusul kerbau beserta rombongannya.

Tidak lama kemudian, macan datang beserta rombongannya, kemudian kelinci, naga, ular, kuda, kambing, kera, ayam, anjing, dan yang terakhir babi.

Sang Buddha pun berterima kasih kepada binatang-binatang yang telah datang memenuhi undangannya tersebut. Sebagai imbalan, dia memberikan penghargaan kepada ke-12 binatang tersebut dengan menamai setiap tahun sesuai dengan nama-nama binatang tersebut. Selain itu, dia juga memberikan keleluasaan kepada binatang-binatang tersebut untuk memberikan sifat-sifatnya kepada setiap orang yang lahir pada tahun yang mewakili tahun dari 12 binatang tersebut.

Sejak saat itulah, masyarakat Tiongkok mempunyai 12 shio binatang dan percaya bahwa ke-12 shio binatang tersebut mewakili tingkah laku setiap orang.

Tjong Liang Chen menambahkan, 12 shio binatang ini mulai diperkenalkan pertama kali pada masa pemerintahan Kaisar Huang Ti pada sekitar tahun 2637 SM.

Pada saat itu, di tahun pemerintahannya yang ke-61, Kaisar Huang Ti mengumumkan kepada seluruh rakyatnya (rakyat Tiongkok) bahwa mulai tahun pemerintahannya yang ke-61, 12 shio binatang tersebut akan mewakili setiap tahun yang beredar dari kalender Tiongkok (Yin Li). Dimulai dari shio tikus, kerbau, macan, kelinci, dan seterusnya sampai shio babi. Kemudian, setelah shio babi selesai, maka shio kembali lagi dimulai dari shio tikus.

BACA JUGA:Penuh Hoki dan Rezeki, Shio Ini Sanggup Beli Apa yang Diinginkan

# PEMBAGIAN SHIO BERDASARKAN TANGGAL DAN TAHUN KELAHIRAN

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa masih banyak kesalahpahaman terkait penentuan shio. Masih banyak yang menentukan shio hanya melihat tahun kelahiran.

Ternyata, menentukan shio tidak boleh hanya melihat tahun kelahiran, melainkan juga tanggal bulan kelahiran. Sebab, yang dijadikan panduan dalam menentukan shio adalah kalender Tiongkok, bukan kalender Masehi yang berdasarkan pada peredaran planet-planet dalam tata surya.

Nah, untuk memudahkan mengetahui shio, berikut pembagian shio berdasarkan tanggal dan tahun kelahiran.

1. Shio Tikus

28 Januari 1960-14 Februari 1962

15 Januari 1972-2 Februari 1973

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: